1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh 
Akhmad Syafi'i, S.Pd






Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Ada beberapa nilai yang terdapat dalam diri saya yaitu diantaranya ;

  • Mandiri : Mulai dari kecil saya sudah dilatih oeh orang tua saya untuk mandiri menanamkan pada diri saya bahwa kesuksesan adalah tanggung jawab kita sendiri sehingga pendidikan baik dari perencanaan proses pendidikan saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab.
  • Inovatif : Mulai dari sejak bangku kuliah sampai dengan saat sekarang ini saya senang sekali beajar hal baru terkait teknologi yang bisa menjadi solusi dalam penyelesaian tugas pekerjaan maupun pembelajaran
  • Kolaboratif : Mulai dari sejak SMP saya senang sekali belajar kelompok berdiskusi dan kolabaorasi bersama teman-teman memacahkan masalah yang ditemui saat proses belajar
  • Reflektif : Muali dari sejak melaksanakan pendidikan baik dibangku SMA sampai dengan Universitas saya selalu melakukan kegiatan reflektif terhadap pencaipaian yang telah saya capai terkait pembelajaran untuk melakukan perbaikan dalam proses belajar berikutnya.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahui nilai dari guru penggerak yang saya peajari dari modul, saya merasa senang, bersyukur dan termotivasi untuk terus bergerak menerapkan nilai-nilai dari guru penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, berpihak pada murid untuk menajadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila


Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Nilai-nilai guru penggerak yang sudah saya miliki sekarang
  • Mandiri : Saya bertanggung jawab secara mandiri terhadap kompetensi yang harus saya miliki dengan mengikuti berbagai macam pelatihan baik yang diselenggarakan kementerian atau lembaga lainnya. Memiliki tanggung jawa secara pribadi menjadi Coach bagi guru lainnya dalam kegiatan workshop
  • Inovatif : Saya sudah mengitegrasikan teknologi kedalam kegiatan pembelajaran berbasis blog, youtube, dan evaluasi berbasis game serta menggerakakan komunitas praktisi dengan berbagi praktik baik
  • Kolaboratif : Saya sudah terbiasa berdiskusi dengan guru lainnya terkait pendampingan murid yang menghadapi hambatan belajar dan berkolaborasi dengan rekan guru lainnya dalam membimbing peserta didik dalam kegiatan lomba
  • Reflektif : saya sudah terbiasa melaksanakan kegiatan refleksi diri diakhir kegiatan pembelajaran untuk memperbaiki atau melemgkapi RPP yang sudah disusun sebelumnya dengan harapan ada perbaikan pembelajaran dari segi perncanaan dan proses pembelajaran

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Diantara nilai-nilai guru penggerak yang sudah saya pelajari, nilai yang perlu saya kuatkan lebih baik lagi adalah : Pembelajaran Berupusat Pada Peserta Didik (Studdent Centered Learning) dimana untuk menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid perlu perubahan pradigma dan perubahan mindset yang mendalam untuk berkomitmen mengubah kebiasaan lama yaitu pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berupusat kepada murid dengan cara menerapkan model-model pembelajaran yang berpusat kepada murid sehingga menjadi pelajar yang merdeka belajar seuai dengan profil pelajar pancasila

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Setelah mengetahui peran dari seorang guru penggerak saya sangat bersyukur dan senang sekali karena bisa menjadi bagian dari guru penggerak menjdai pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Merasa tertantang dan termotivasi untuk terus menerapak nilai dan peran guru penggerak dikelas dan disekolah srta terus menerus melakukan inovasi tiada henti dalam kegiatan pembelajaran.

Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Ada beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak yaitu :
  • Terus menerus mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai macam diklat baik yang diselenggarakan oleh sekolah, dinas pendidikan, kementrian atau lembaga pelatihan lainya.
  • Menjalin kerjasama dan kolaborasi baik dengan internal sekolah maupun eksternal sekolah
  • Membiasakan diri menerpakan pembelajaran yang berupusat pada murid
  • Mengasah kemampuan untuk menjadi influencer dalam dunia pendidikan baik melalui blog, youtube, dan sosial media lainnya

Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Ada beberapa hal yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak diantaran yaitu :

  • Merasa kwatir nilai dan peran guru pengerak yang saya terapkan disekolah tidak bisa diterima dengan baik oleh rekan guru lainnya
  • Merasa kwatir nilai dan peran guru penggerak yang saya terapkan tidak akan mendapatkan dukungan dari pihak internal maumpun eksternal sekolah

Simak Juga Video Dibawah Ini 





BACA JUGA : 



#refleksiterbimbing #nilaidanperangurupenggerak #gurupenggerak

Related

newsticker 733915907649369632

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item