JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 12

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 12

MENGGUNAKAN

MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE)

AKHMAD SYAFI'I, S.Pd

CGP 4 SMK Negeri 1 Kraksaan

Kabupaten Probolinggo





FACTS (PERISTIWA)

Pengalaman saya mengikuti pembelajaran dimunggu ke 12 , Yaitu Mulai dari Diri - Pembelajaran Sosial dan Emosional dimana saya mengaitkan peranan aspek sosial dan emosional dalam keseharian sebagai guru. Selanjutnya saya mempelajari tentang kesadaran penuh (mindfulness) dan dapat menunjukkan pemahaman tentang 5 kompetensi sosial-emosional yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan sosial dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Setelah itu saya mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan penerapan 5 kompetensi sosial dan emosional yang dibutuhkan dalam sebuah kasus bersama para CGP lain dengan harapan adanya pengembangan gagasan dan pencapaian pemahaman bersama, sehingga dapat memperkuat pemahaman konsep yang lebih baik.

Hal baik yang saya alami pada proses kegiatan pembelajaran di minggu ke 12 ini, saya bisa memahami apa itu pembelajaran sosial emosional dan berupaya untuk menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Hambatan atau kesulitan saya selama proses pembelajaran pada minggu ini, Yaitu saya mengalami kesulitan terkait cara menerapakan pembelajaran sosial dan emosional . Untuk mengatasi kendala ini saya mencoba mempelajari lebih dalam lagi terkait materi pembelajaran sosial dan emosional salah satunya dengan materi video yang ada di LMS dan bertanya kepada rekan CGP lainnya, sehingga lambat laun saya bisa mempraktekkan pembelajaran sosial dan emosional di lingkungan sekolah.


FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran pada minggu ini sangat bergairah sekali, karena pembelajaran sosial dan emosional merupakan hal baru dang sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam sehingga bisa diterpakan dalam proses pembelajaran.


FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dalam proses pembelajaran minggu ke 12 ini, yaitu saya bisa memahami apa itu pembelajaran sosal dan emosional dan cara menerapkannya di kalas yang saya ajarkan. Saya juga bisa mencoba untuk memecahkan setiap kasus yang ada di LMS khususnya 5 kasus terikait masalah yang dihadapi oleh Pak Eling.


FUTURE (PENERAPAN)

Dalam pembelajaran minggu ke 12 ini banyak hal yang langsung bisa saya terapkan di kelas atau disekolah diantaranya, saya bisa menerapkan pembelajaran sosial dan emosional di kelas yang saya ajar tentunya juga saya bisa berbagi dengan rekan sejawat tentang bagaimana memecahkan masalah dengan menerapkan pembelajaran sosia dan emosional .


salam guru penggerak

guru bergerak indonesia maju


BACA JUGA : 


#jurnalrefleksi #jurnalrefleksimingguke12 #gurupenggerak

Related

newsticker 4410316894637400590

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item