1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh
Akhmad Syafi'i, S.Pd


Guru Penggerak Angkatan 4
SMK Negeri 1 Kraksaan - Kabupaten Probolinggo




Guru Penggerak Seperti Apakah Saya ?

  • Mandiri : Saya bertanggung jawab secara mandiri terhadap kompetensi yang harus saya miliki dengan mengikuti berbagai macam pelatihan baik yang diselenggarakan kementerian atau lembaga lainnya. Memiliki tanggung jawa secara pribadi menjadi Coach bagi guru lainnya dalam kegiatan workshop
  • Reflektif : Saya sudah terbiasa melaksanakan kegiatan refleksi diri diakhir kegiatan pembelajaran untuk melakukan perbaikan pada perencanaan dan proses pembelajaran
  • Kolaboratif : Saya sudah terbiasa berdiskusi dengan guru lainnya terkait pendampingan murid yang menghadapi hambatan belajar dan berkolaborasi dengan rekan guru lainnya dalam membimbing peserta didik dalam kegiatan lomba.
  • Inovatif : Saya sudah mengitegrasikan teknologi kedalam kegiatan pembelajaran berbasis blog, youtube, dan evaluasi berbasis game serta menggerakakan komunitas praktisi dengan berbagi praktik baik
  • Berpihak Pada Murid : Saya selalu menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menerapkan model atau metode pembelajaran yang berpihak pada murid, model atau metode pembelajaran yang sering saya pakai adalah discovery learning

Nilai Apa Yang Saya Kuasai Dimasa Depan ?

  • Kolaboratif : Nilai yang akan saya kuasasi dimasa depan adalah kolaboratif dimana saya bisa menyediakan kesempatan dan ruang pada rekan guru yang lain untuk kolaborasi, bertukar pendapat, melakukan komunikasi menemukan sebuah solusi bersama untuk kemajuan organisasi. Kolaborasi yang bukan hanya dilakukan dalam ruang nyata tapi kolaborasi yang bisa dilakukan kapan saja dimana saja dan dengan siapa saja tanpa batas ruang an waktu
  • Inovatif : Nilai yang akan saya kuasai dimasa depan adalah inovatif yaitu memadukan dan mengintegrasikan berbagai platform pembelajaran yang sudah ada menjadi satu kesatuan yang utuh untuk bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi mudah, menyenangkan dan meningkatkan prestasi siswa
  • Berpihak Pada Murid : Nilai yang akan saya kuasai dimasa depan adalah berpihak pada siswa dimana siswa sudah bisa menghasilkan sebuah karya yang sesuai dengan minat dan bakat dan potensinya masing-masing. Siswa bisa diberi pelatihan tambahan diluar jam pelajaran untuk meningkatkan bakat yang sudah ada pada siswa menjadi potensi yang luar biasa bersaing dipasar global

Mengapa Nilai Tersebut Penting Bagi Saya ?

Karena nilai tersebut bisa menguatkan peran saya sebagai guru penggerak yang bisa menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
  • Berpihak Pada Murid : Dengan Pembelajaran yang berpihak pada murid akan lebih mudah menemukan bakat dan potensi siswa sehingga tumbuh menjadi siswa yang berprestasi dan merdeka belajar.
  • Kolaboratif : Bekerja sendiri mungkin bisa menjadikan kita berhasil tetapi dengan kolaborasi kesuksesn besar lebih mudah kita raih
  • Inovatif : Perkembangan teknologi yang sangat pesat dan perubahan zaman berkembang begitu cepat, tentunya membutuhkan inovasi yang tepat untuk menunjang segala kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien

VIDEO DEMONTRASI KONTEKSTUAL NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK






Baca Juga :  1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak


SALAM GURU PENGGERAK GURU BERGERAK - INDONESIA MAJU

#demonstrasikontekstual #nilaidanperangurupenggerak #gurupenggerak




Related

newsticker 670872762870646905

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item