1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

 1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Oleh : Akhmad Syafi'i, S.Pd

Fasilitator : Dra. Does Ichanatun Dwi Soenoewati, M.Pd

Pengajar Peraktik : Abdul Manaf Firdaus, M.Pd




B-A-G-J-A

PARADIGMA INKUIRI APRESIATIF 

Inkuiri Apresiatif Di Kenal Sebagai Pendekatan Kolaboratif Dalam Melakukan Perubahan Berbasis Kekuatan

PRAKARSA PERUBAHAN

Mewujudkan Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid

TAHAP 1 : Buat Pertanyaan Utama (Define)

Pertanyaan : Bagaimana Cara Mewujudkan Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid?

Tindakan : 

  • Memberikan Perhatian yang Sama Pada Semua Murid
  • Mengamati Aktivitas Murid Selama Proses Pembelajaran

TAHAP 2 : Ambil Pelajaran (Discover)

Pertanyaan : Hal Posistif Apa yang di Dapatkan Apabila Pembelajaran Berpusat Pada Murid?

Tindakan : 

  • Semua Murid Diberikan Fasilitas Untuk Mengembangkan Pengetahuannya
  • Semua Murid Memperesentasikan Hasil Pekerjaannya

TAHAP 3 : Gali Mimpi (Dream)

Pertanyaan : Apa yang di Lakukan Guru Untuk Meningkatkan Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid?

Tindakan : 

  • Memberikan Kesempatan Pada Murid Untuk Mengembangkan Potensi yang di Miliki
  • Melatih Murid Untuk Berani Tampil di Depan Kelas
  • Melatih Murid Untuk Menyampaikan Ide dan Gagasannya

TAHAP 4 : Jabarkan Rencana (Design)

Pertanyaan : Rencana Apa yang Akan di Lakukan Untuk Mewujudkan Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid?

Tindakan : 

  • Menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang Akan di Capai
  • Mengembangkan Minat Belajar Murid
  • Mendukung Murid Belajar Sesuai Potensi yang di Miliki
  • Menggunakan Metode Pembelajaran yang Berpusa Pada Murid

TAHAP 5 : Atur Eksekusi (Deliver)

Pertanyaan : 

  • Siapa Saja Yang Terlibat Dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berpusat Pada Murid
  • Strategi Apa yang di Gunakan Untuk Mewujudkan Pembelajaaran yang Berpusat Pada Murid

Tindakan : 

  • Semua Guru Berperan Dalam Merencanakan, Mengatur dan Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran yang Berpusat Pada Murid
  • Mendorong Semua Murid Untuk Dapat Mengmbangkan Semua Potensi yang di Miliki
  • Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
  • Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Nyaman, Sejuk, Bersih, Rindang, dan Aman Sehingga Seluruh Kegiatan Pembelajaran Berjalan dengan Baik.

PERUBAHAN YANG DIHARAPKAN

  • Semua Murid Dapat Mengembankan Potensi yang Ada Pada Dirinya dengan Berinoasi, Berkarya, dan Kreatif
  • Tercipta Suasana Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan
  • Semua Murid Tampil di Depa Kelas Mempresentasikan Hasil Pekerjaannya.
  • Semua Murid Dapat Menyampaikan Ide dan Gagasannya

SELENGKAPNYA SIMAK VIDEO BERIKUT 






BACA JUGA :



Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak Indonesia Maju



#demonstrasikontekstual #menerapkaninkuiriapresiatif #gurupenggerak



Related

newsticker 6950577134534392065

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item