1.2.a.9. Koneksi Antar Materi Nilai dan Peran Guru Penggerak

 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi Nilai dan Peran Guru Penggerak

Akhmad Syafi'i, S.Pd

Calon Guru Penggerak

SMK Negeri 1 Kraksaan_Kabupaten Probolinggo

Fasilitator : Dra. Does Ichnatun Dwi Soenoewati, M.Pd

Pendamping Praktek : Abdul Manaf Firdaus, M.Pd






Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Nilai dan peran guru peggerak yang saya fahami adalah merupakan sebuah tuntunan dan pedoman untuk melakukan sebuah aksi nyata untuk menggerakkan ekosistem pendidikan dalam mewujudkan profil pelajar pancasila

Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara jelaskan !

Nilai dan peran guru penggerak sangat memiliki keterkaitan dan saling menguatkan satu dengan yang lainnya dengan adanya pemikiran dan filosofi Ki Hadjar Dewantara dikuatkan dengan aksinyata penerapan nilai dan peran guru penggeak bisa membentuk murid yang merdeka belajar sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Sebagai salah satu contoh Pendidikan yang dijelaskan oleh Ki Hajar Dewantara terkait Kodrat Alam dan Kodrat Zaman adalah proses pendidikan dan pengajaran yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak didik, baik mengenai hidup diri pribadinya maupun hidup kemasyarakatannya. ini sangat sesuai dengan nilai guru penggerak yaitu inovatif dan berpusat pada murid juga sangat sesuai dengan peran guru penggerak salah satunya yaitu mewujudkan kepemimpinan murid.

Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?

Seperti yang sudah saya gambarkan dalam demonstrasi kontekstual tugas sebelumnya bahwa saya adalah guru penggerakan yang memiliki nilai mandiri, inovatif, reflektif, kolaboratif, dan berpusat pada murid. Tantangan saya sekarang bagaimana menguatkan nilai yang sudah ada tersebut.

Strategi yang bisa saya lakukan untuk mencapainya adalah Memperkuat dukungan, kolaborasi dan kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal sekolah yang kata kuncinya ada pada salah satu nilai guru penggerak yaitu kolaboratif.

Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Pihak-pihak yang membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya pada demonstrasi kontekstual diantaranya yang pertama yaitu kepala sekolah dimana bapak kepala sekolah dari awal mendampingi saya dalam pendidikan guru penggerak dan sampai saat ini selalu memantau perkembangan saya. kedua rekan guru lainnya sebagai mitra strategis atau partener kolaborasi untuk bersama-sama menemukan solusi dan memberikan pengajaran yang berpihak pada murid. ketiga orang tua siswa sebagai pendukung program baik yang sudah saya konsep sebagai guru. keempat dukungan pemangku kebijakan dalam dunia pendidikan, seperti cabang dinas, dinas pendidikan, BKD, BKN sampai dengan pihak kementerian yang berperan sebagai pengambil kebijakan untuk mendukung program guru penggerak.

SELENGKAPNYA SIMAK VIDEO BERIKUT




Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak_Indonesia Maju


BACA JUGA : 


#koneksiantarmateri #nilaidanperangurupenggerak #gurupenggerak

Related

newsticker 6335877744314725720

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item