Webinar Ngopi (Ngobrol Inspirasi) Mengenal Lebih Dekat Tentang Program SOBAT

 

Webinar Ngopi (Ngobrol Inspirasi)

Mengenal Lebih Dekat Tentang Program SOBAT

 

Seperti biasanya sebagai guru produktif dan juga sebagai ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) selalu mencari peluang untuk mencari mitra IDUKA untuk bisa bekerjasama dengan sekolah kami SMK Negeri 1 Kraksaan. Dalam satu group BKK saya mendapatkan informasi acara webinar ngopi, yang bertajuk mengenal lebih dekat tentang program sobat, saya pun merasa tertarik untuk bisa mengikuti kegiatan webinar tersebut, dimana kegiatan ngobrol inspirasi ini di moderatori oleh Mbak Lidya.


Dalam kegiatan webinar tersebut saya bisa mengenal Ibu Sara K. Loebis selaku Corporate ESRSGACOM Head PT. United Tractors Tbk dimana beliau dengan hangat menyambut para peserta webinar diberbagai kota yang juga turut hadir dalam acara ngopi. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan bahwa sobat UT siap menggandeng SMK seluruh Indonesia dalam pengembangan kapasitas siswa SMK, guru SMK , kurikulum SMK dan program lainnya untuk pengembangan sumber daya manusia untuk menjadi generasi yang kompeten. Beliau yang berkecimpung dalam dunia usaha dan dunia industri mau dan bersedia berbagi terkait apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri sehingga harapannya akan mudah melakukakan link and match dengan sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan. Beliau menyadari bahwa lulusan SMK harus dibekali kemampuan yang tepat guna yang dibutuhkan nantinya dalam dunia kerja.

Kesempatan selanjutnya dalam acara ngobrol inspirasi disampaikan oleh Mbak Monica beliau menyampaikan materi tentang Transformasi Sobat (Sekolah Binaan UT), salah satu yang Mbak Monica sampaikan yaitu tentang potret dan tantangan sekolah menengah kejuruan kedepannya yaitu diantaranya kompetensi lulusan SMK yang perlu ditingkatkan, guru SMK yang harus ditingkatkan kapasitas mengajarnya, kurikulum sekolah menengah kejuruan yang perlu melibatkan IDUKA dalam meracncang pembelajaran, alat peraga dan praktek yang perlu diperhatikan kualitasnya, dan perlunya pengurangan pengangguran pada lulusan SMK.

Disampaikan juga bahwa UT School sudah lama melakukan sinergi untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju yaitu diantranya kerjasama dengan lebih dari 1.255 SMK, kerjasama dengan 16 universitas di inodnesia, kerjasama dengan LSP ABI sebagai tempat uji kompetensi mandiri, kerjasama dengan BLK, dan kerjasama dengan lebih dari 1000 pelanggan UT Group. Disamping itu Sobat UT juga memiliki 3 Cluster Program yaitu Software, Braindware dan Hardware dimana terdiri dari 14 kompeonen program.

Setelah Bu Monica dilanjutkan oleh pak dimas, dimana pak dimas juga yang sekarang selalu aktif menyampaikan program Sobat UT dalam group WhatsApp. Dalam webinar ngobro inspirasi Pak Dimas menyampaikan lebih rinci dan lebih detail lagi terkait program Sobat UT yaitu diantranya Teacher Development Program (Virtual Training), webinar umum, magang guru dan siswa, uji kompetensi siswa, kunjungan industri online.

Setelah Pak Dimas, Pak Muhyudi selaku wakil direktur bidang kesiswaan UT School  juga mendapatkan kesempatan untuk memaparkan materi dimana beliau menyampaikan visi dan misi UT School dimana di UT school memiliki kultur atau budaya yang dikenal dengan istilah INSANI (Integritas, Santun, Ahli dan Berani) dimana karakter ini menjadi pedoman dan di implementasikan dalam keseharian di UT School.

Dalam mengikuti kegiatan webinar ini ada sedikit kendala yang saya alami yaitu sedikit gangguan sinyal tapi kendala ini tidak cukup berarti karena saya bisa mengantisipasinya dengan memposisikan diri ditempat yang cukup sinyal serta dengan menggunakan headset suara pemateri menjadi lebih jernih dan jelas.

Perasaan saya selama mengikuti kegiata webinar ngobrol inspirsi sangat senang sekali, termotivasi dan tertantang sekali untuk berkontribusi dalam kemajuan sekolah menengah kejuruan dan akan lebih giat lagi menjalin kerjasama secara lebih serius lagi dengan IDUKA khususnya dengan Sobat yang banyak sekali menyusun program untuk sekolah menengah kejuruan salah satunya juga program yang luar biasa baru-baru ini adalah memberikan pembinaan kepada sekolah dalam menghadapi era pandemic saat sekarang ini.

Pembelajaran yang saya dapat dalam kegatan webinar ngobrol inspirasi bahwa banyak sekali program sobat yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kompetensi baik itu guru maupun siswa, tidak hanya untuk jurusan tekhnik alat berat saja bahkan yang belum memiliki jurusan alat berat juga bisa menjalin kerjasama dengan sobat.

Hal yang dapat segera saya manfaatkan setelah mengikuti kegiatan webinar ngobrol inspirasi dengan sobat yaitu selalu mengambil kesempatan untuk mengikuti kegiatan pengembangan yang diselenggarakan oleh sobat dan berupaya menerapkannya secara maksimal di sekolah sehingga dengan begitu harapan bersama yaitu mewujudkan SDM yang unggul menuju Indonesia maju dapat terwujud.

 

Terimakasih

 

Akhmad Syafi’i, S.Pd

 

#SOBAT

#SekolahBinaanUT

#CSRUnitedTractors

#SOBATCompetition

 

 

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item