Menjadi Guru Hebat Melalui Kegiatan Pengembangan Diri Satu Guru

 

Refleksi Guru 2021 Menuju Resolusi 2022

Menjadi Guru Hebat Melalui Kegiatan Pengembangan Diri Satu Guru


Sebagai seorang Guru tentunya memiliki tugas utama, yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melakukan tugas tersebut tentunya diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang harus selalu dikembangkan, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, yaitu dengan cara mengikuti kegiatan pengembangan diri baik itu yang berupa workshop, diklat, pelatihan, bimbingan teknis dan lain sebagainya.

Berangkat dari pemahaman bahwa kemampuan guru harus selalu ditingkatkan, Pada tahun 2021 ini saya sudah banyak sekali mengikuti berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai guru, yaitu dengan mengikuti berbagai macam pelatihan baik itu yang diselenggarakan oleh kementerian, lembaga pelatihan, asosiasi guru dan lain sebagainya.

Dari berbagai macam pelatihan yang saya ikuti di tahun 2021 ini, ada beberapa pelatihan yang sangat berkesan dan sangat bermanfaat sekali bagi saya dalam melaksanakan pengajaran dan pembelajaran di sekolah diantaranya, yaitu pelatihan Google Master Trainer, pelatihan Agent Of Change Guru hebat SMK, dan pendidikan guru penggerak yang saat ini sedang berlangsung.

Pelatihan Google Master Trainer diselenggarakan kerja sama antara direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan dengan Refo dan Google For Education yang diselenggarakan secara daring dari tanggal 31 juli 2021 sampai dengan 4 november 2021. Dalam pelatihan ini ada 3 tahap kegiatan yang harus diselesaikan dengan baik yang pertama peserta harus mengikuti pelatihan berupa pendalaman materi tentang Google For Education tentunya dilengkapi dengan uji kompetensi yang harus diselesaikan dengan nilai minimal 80, kedua adalah tahap pengimbasan, di mana setelah mengikuti pelatihan Google Master Trainer peserta diharapakan bisa melakukan pengimbasan kepada guru lain, baik itu guru disekolah sendiri atau guru di luar sekolah lain dalam skala nasional. Pengimbasan ini bisa dilakukan secara mandiri atau kolaborasi dengan peserta GMT lainnya, saya sendiri melakukan pengimbasan dengan cara kolaborasi dengan rekan GMT jawa timur. Setelah selesai melakukan pengimbasan tahap ketiga selanjutnya melakukan ujian Google Master Trainer untuk mendapatkan sertifikat dari google yang soalnya langsung dari google berlaku secara internasional.



Pelatihan kedua yang berkesan dan bermanfaat sekali bagi saya adalah pelatihan Agent Of Change guru hebat SMK. Pelatihan ini khusus guru SMK yang diselenggarakan oleh Astra bekerja sama dengan kementerian di mana untuk menjadi peserta harus lolos seleksi terlebih dahulu, yaitu harus ikut kompetisi dengan pendaftar lainnya dari SMK seluruh Indonesia, di mana kompetisi ini untuk mencari insan pendidik pionir yang akan membantu astra dalam menggerakkan program-program vokasi group astra dan indonesia. Para Agent Of Change merupakan guru pilihan yang akan mengikuti serangkaian program TOT guru hebat dan akan melaksanakan aksi vokasi bersama Astra. Agent Of Change guru hebat SMK adalah Duta Vokasi Astra.



Pelatihan berkesan ketiga yang saya ikuti adalah pendidikan guru penggerak di mana sekarang ini saya masih dalam proses pendidikan. Pendidikan guru penggerak dilaksanakan dengan durasi pendidikan selama 9 bulan, saat ini saya dalam mengikuti pendidikan guru penggerak ini sudah berlangsung kurang lebih 2 bulan dan sudah sampai pada materi budaya positif modul 1.4 budaya positif.

Fasilitator guru penggerak  menyampaikan bahwa Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang  nantinya akan mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Adapun materi  yang saya dapat selama 2 bulan ini, yaitu diantaranya profil pelajar pancasila, filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, nilai dan peran guru penggerak dan budaya positif.



Hal baik yang saya alami dalam proses pengembangan diri saya di tahun 2021 ini, yaitu banyak hal baru yang saya pelajari yang sebelumnya saya tidak tahu diantaranya pada kegiatan Agent Of Change Guru Hebat SMK saya bisa belajar safety kultur dan 5R, Effective Team Contributor, Sharing Kaizen SMK dan 8 STEPS Innovation Improvement. Pada kegiatan Pelatihan Google Master Trainer hal baik yang saya alami saya bisa mempelajari bagaimana memanfaatkan platform digital khususnya Google Workspace For Education dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi saat sekarang ini. Sedangkan pada kegiatan pendidikan guru penggerak hal baik yang saya alami selain mendapatkan materi yang luar biasa saya juga mendapatkan kesempatan untuk saling berdiskusi dan kolaborasi dengan komunitas praktisi seluruh Indonesia untuk saling berbagi praktik baik yang diterapkan di masing-masing sekolah tempat peserta pendidikan guru penggerak mengajar.

Hambatan yang saya alami selama proses pengembangan diri saya pada tahun 2021 ini, yaitu sulit mengatur waktu, banyak kegiatan sekolah yang pelaksanaanya bersamaan dengan kegiatan pengembangan diri yang saya ikuti. Adapun yang saya lakukan untuk mengatasi kendala yang saya hadapi, yaitu dengan menentukan skala prioritas dalam setiap kegiatan yang saya ikuti sehingga saya bisa memilih mana kegiatan yang urgent untuk saya ikuti dan mana kegiatan yang bisa diikuti dilain waktu.

Dalam mengikuti beberapa kegiatan pengembangan diri, perasaan saya sangat senang sekali. Setiap kegiatan saya ikuti dengan penuh semangat dan antusias dan merasa tertantang untuk terus mengikuti berbagai kegiatan pelatihan di masa mendatang. Saya merasa senang karena bisa kenal rekan-rekan guru seluruh Indonesia yang sama-sama memiliki keinginan yang kuat mengembangkan diri demi mencerdaskan anak bangsa. Dengan melihat antusias rekan-rekan guru mengikuti pelatihan, saya merasa termotivasi untuk berupaya mengikuti setiap kegiatan dengan serius sehingga hasil dari pelatihan bisa dicerna secara optimal.

Pelajaran yang saya dapat dalam proses pengembangan diri ini, yaitu bahwa dalam kegiatan belajar tidak mengenal waktu, tempat dan usia. Selama ada keinginan yang kuat, di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja saya bisa belajar atau melakukan pengembangan diri. Pelajaran penting bagi saya bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga saya sebagai guru harus bisa menyikapi hal ini dengan mengikuti perkembangan tersebut.

Hal baru yang yang saya ketahui tentang diri saya, yaitu saya sangat mudah sekali mempelajari dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini khususnya teknologi pembelajaran, namun saya memiliki kekurangan dalam hal menulis dan sangat perlu sekali mengembangkan diri dalam hal menulis, sehingga fokus atau resolusi saya di tahun 2022 saya akan merencanakan mengikuti kegiatan pengembangan diri dalam bidang kepenulisan dengan harapan bisa menunjang profesi saya sebagai guru.

Dengan berbekal dari hasil pelatihan dan pengembangan diri yang saya lakukan saat ini saya bisa memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran seperti memanfaatkan blog sahabat pelajar digital sebagai media pembelajaran, memanfaatkan youtube dan mengintegrasikan berbagai macam teknologi sebagai media untuk memberikan pengajaran dan pembelajaran di masa pandemi saat sekarang ini, apalagi ditunjang dengan adanya akun pembelajaran yang diberikan oleh kementrian bekerja sama dengan Refo dalam bentuk akun belajar.id yang manfaatnya sangat luar biasa untuk dimanfaatkan dalam mengakses platform pembelajaran digital.

Adapun harapan dan yang menjadi fokus saya sebagai resolusi saya di tahun 2022 nanti, saya bisa lebih memaksimalkan kemampuan menulis saya dengan mengikuti kegiatan pelatihan menulis, salah satu idola saya dalam hal menulis, yaitu bapak Wijayah Kusumah beliau adalah seorang Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau narasumber di bidang ICT, Edupreneurship, Learning, dan PTK. Beliau juga adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog. Bapak Wijaya Kusumah selalu memberikan motivasi kepada guru-guru indonesia. Mengajak guru untuk terus belajar, berbagi, menginspirasi, dan menulis. Salah satu kalimat yang sering beliau ucapkan adalah “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”.

Semoga seiring bergantinya tahun 2021 menuju tahun 2022 kita menjadi guru indonesia yang hebat, bisa berkontribusi memberikan perubahan yang baik dalam dunia pendidikan menjadi guru yang merdeka dan mewujudkan merdeka belajar bagi muridnya sesuai dengan profil pelajar pancasila.

 

 

Terima kasih

Akhmad Syafi’i, S.Pd

SMK Negeri 1 Kraksaan

#SATUGURU

Related

newsticker 1155962396468006166

Posting Komentar

  1. How to Play Casino: Easy Guide to playing slots on
    Casino games 1xbet korean are novcasino played septcasino by 4 players, the average time they take https://tricktactoe.com/ turns is around 14:20. The house is divided wooricasinos.info into three distinct categories: the house

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item