Pembelajaran Berbasis Digital Menantang dan Menyenangkan

 

Pembelajaran Berbasis Digital Menantang dan Menyenangkan

Seperti biasanya pagi hari ini saya berangkat kesekolah mengendarai si merah sebutan sepeda motor saya, dimana malemnya tentunya dengan tugas dan tanggung jawab sebagai guru saya harus mempersiapkan rancangan pembelajaran yang nantinya disampaikan kepada anak didik disekolah. Salah satu kegiatan saya yaitu merancang media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk disampaikan kepada siswa yaitu video pembelajaran berasis youtube sebagai sarana pembelajaran berbasis digital atau saat ini dikenal dengan istelah Blanded Learning. Dalam pembelajaran terbatas sekarang ini, siswa di sekolah saya dibuat dua kelompok yakni kelompok A dan kelompok B, siswa  yang kebetulan masuk menerima pembelajaran dan pengajaran seperti biasanya atau luring sedangakan siswa yang kebetulan tidak masuk kesekolah karena pembelajaran tatap muka terbatas pembelajaran dan pengajarannya dilaksanakan secara daring sehingga dengan begitu pembelajaran tetap berlangsung secara efektif.

Hal baik yang saya alami dalam proses tersebut yaitu saya banyak belajar hal baru yang sangat menyenangkan yaitu senantiasa mengembangkan skill dalam menyikapi pembelajaran dimasa pandemi ini terutama dalam hal penguasaan teknologi dalam pembelajaran, saya banyak belajar tentang pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran dengan cara mengikuti workshop atau webinar yang diselenggarakan oleh PGRI atau pun yang diselenggarakan oleh kementerian maupun lembaga pelatihan lainnya.

Dalam hal mengikuti kegiatan pengembangan diri banyak hambatan yang ditemui seperti kegiatan pengembangan diri yang waktunya bersamaan dengan kegiatan sekolah, kemudian berbenturan dengan kegiatan keluarga, tetapi hambatan itu tidaklah berarti karena banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut seperti mengatur jadwal lebih baik lagi, menyusun skala prioritas yang terpenting adalah pembelajaran dan pengajaran disekolah tetap berjalan dengan efektif sesuai dengan kebutuhan siswa.

Perasaan saya selama manjalani proses kegiatan pembelajaran bersama siswa dan proses mengikuti kegiatan pengembangan diri tentunya sangat senang sekali dan merasa tertantang. Banyak hal unik yang saya jumpai dari setiap diri siswa yang bisa dikembangkan menjadi sebuah presetasi, banyak karya siswa yang bisa diikutkan dalam kegiatan kompetisi atau lomba. Disamping memberikan pembelajaran kepada siswa secara tidak langsung guru juga belajar pada siswa dengan kata lain mengajar sambil belajar banyak hal baru yang jurstru kita belajar dari siswa.

Dengan Berkembangnya teknologi seperti saat sekarang ini saya merasa tertantang untuk terus belajar ilmu baru yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran seperti pembelajaran berbasis game. Dengan menyematkan pembelajaran berbasis game dalam kegiatan pembelajaran suasana pembelajaran akan lebih hidup dan akan bisa meningkatkan gairah dan motivasi belajar siswa dan secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan prestasi siswa.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan dalam pembelajaran dimasa pandemi saat sekarang ini seperti mengitegrasikan teknologi kedalam kegiatan pembelajaran dari kegiatan pengembangand diri yang saya ikuti sekarang saya bisa mengadakan evaluasi pembelajaran berbasis game, membuat video pembelajaran dengan menggunakan handphone maupun komputer, bisa melakukan pembelajaran berbasis youtube dan memanfaatkan akun belajar.id untuk mengoptmalkan pembelajaran dimasa pandemi saat sekarang ini.

Dengan Mempelajari berbagai platform digital untuk pembelajaran saya bisa mengkolaborasikan berbagai macam platform digital atau aplikasi pembelajaran yang ada sehingga bisa lebih optimal memberikan pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Memberikan pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sesuai dengan yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara. Menuntun anak dengan hati yang tulus dalam kegiatan pembelajaran merupakan kebahagiaan yang tak terhingga buat saya.

 

Terimakasih

Akhmad Syafi’i, S.Pd

Related

newsticker 4754236829053247378

Posting Komentar

  1. https://wijayalabs.com/2021/12/02/festival-satuguru-menulis/

    Ayo ikuti lomba menulis di blog dengan hadiah laptop, tablet, dan HP. Nantikan tanggal pengumuman lomba pada malam tahun baru tgl 31 Desember 2021 pukul 23.59 WIB

    https://youtu.be/V4Dg_UxtBpo

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item