ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR MPLB

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

DASAR-DASAR MPLB




 

Nama Sekolah                         :  SMK Negeri 1 Karaksaan

Bidang Keahlian                      :  Bisnis dan Manajemen

Program Keahlian                    :  Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Mata Pelajaran                        :  Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Durasi (Waktu)                                   :  432 JP (@ 45 Menit)

Keterangan                              : Disusun Bersama IDUKA (PT Indonesia Cakap Digital)

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alokasi Waktu

Model dan Metode Pembelajaran

Media

1

2

3

5

6

7

8

Proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan proses

bisnis di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis, tahapan fungsi manajemen (perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian) dalam lingkup pekerjaan kantor (baik secara onsite maupun online seperti Work from Home, Work from Anywhere), serta pengenalan rantai pasok (supply chain) dalam layanan pengelolaan barang berbasis K3 industri dan 5R.

Siswa mampu:

1.  Mendeskripsikan konsep Manajemen           Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)

2.  Mendeskripsikan skema kerja perkantoran di era digital (Work from Home dan Work from Anywhere)

3.  Mengidentifikasi jenis layanan bisnis.

4.  Mendeskripsikan tujuan dan manfaat     bisnis.

5.  Mendeskripsikan karakteristik layanan                              bisnis di bidang MPLB.

6.   Menjelaskan konsep K3LH di tempat kerja.

7.  Menerapkan konsep K3LH di tempat kerja/belajar

8.  Menjelaskan konsep 5R di tempat kerja.

9.  Menerapkan konsep 5R di tempat kerja/belajar.

Tahap 1:

1.1.   Mendeskripsikan konsep Manajemen           Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)

1.2.   Mendeskripsikan skema kerja perkantoran di era digital (Work from Home dan Work from Anywhere)

1.3.   Mengidentifikasi jenis layanan bisnis.

1.4.   Mendeskripsikan tujuan dan manfaat     bisnis.

1.5.   Mendeskripsikan karakteristik layanan                              bisnis di bidang MPLB.

1.6.   Menjelaskan konsep K3LH di tempat kerja.

1.7.   Menerapkan konsep K3LH di tempat kerja/belajar

1.8.   Menjelaskan konsep 5R di tempat kerja.

1.9.   Menerapkan konsep 5R di tempat kerja/belajar.

1.10.        Menerapkan konsep kerja Work from Home (dibentuk kelompok untuk mendiskusikan suatu pekerjaan di lingkungan online, misal diminta menyusun dokumen secara bersama-sama melalui Google Doc)

 

40

Model :

1. Pembelajaran Berbasis Penyingkapan (Discovery Learning)

2.  Pembelajaran Berbasis Masalah

    (Problem-based Learning)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

Alat :

    Smartphone

    LCD

    Laptop

    ATK

Bahan:

    Jaringan internet

    Form Pengamatan

    Daftar Pertanyaan Lisan/tulis

Sumber belajar:

Lingkungan  belajar terdekat

Perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global dalam manajemen perkantoran dan layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan perkembangan manajemen perkantoran modern, tools pendukung kerja di era digital (Work from Home atau Work from Anywhere), otomatisasi kantor, perkembangan revolusi industri 4.0 di bidang perkantoran dan layanan bisnis, budaya kerja, dan Eco-Green (Ramah Lingkungan).

Siswa mampu:

1.      Menjelaskan perkembangan revolusi Industri 4.0

2.      Menjelaskan konsep kantor modern yang ada di saat ini dan di masa depan (bisa seperti ini dan bisa seperti ini)

3.      Mengidentifikasi jenis teknologi perkantoran, termasuk tools pendukung Work from Home dan Work from Anywhere (Slack, Trello, Ally, Confluence, Jira, dll)

4.      Mendeskripsikan konsep otomatisasi perkantoran

5.      Mengidentifikasi jenis fasilitas kantor.

6.      Menjelaskan konsep lingkungan kantor fisik maupun virtual

7.      Menjelaskan konsep standar kerja perkantoran.

8.   Menerapkan budaya kerja perkantoran yang ramah lingkungan

Tahap 2:

2.1.  Menjelaskan perkembangan revolusi Industri 4.0

2.2. Menjelaskan konsep kantor modern yang ada di saat ini dan di masa depan (bisa seperti ini dan bisa seperti ini)

2.3. Mengidentifikasi jenis teknologi perkantoran, termasuk tools pendukung Work from Home dan Work from Anywhere (Slack, Trello, Ally, Confluence, Jira, dll)

2.4.Mendeskripsikan konsep otomatisasi perkantoran

2.5.Mengidentifikasi jenis fasilitas kantor.

2.6.Menjelaskan konsep lingkungan kantor fisik maupun virtual

2.7.Menjelaskan konsep standar kerja perkantoran.

2.8.Menerapkan budaya kerja perkantoran yang ramah lingkungan

68

Model :

Problem-based Learning (pembelajaran berbasis masalah)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

Alat :

    Smartphone

    LCD

    Laptop

    ATK

Bahan:

    Jaringan Internet

    Form Pengamatan

    Daftar Pertanyaan Lisan/tulis

Sumber  belajar:

Lingkungan belajar terdekat

Profil entrepreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi dalam bidang manajemen

perkantoran dan layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan berbagai jenis profesi dan pekerjaan, pelaku wirausaha/entrepreneur, peluang usaha dan bekerja di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

 

Siswa mampu:

1.      Mengidentifikasi jenis profesi di bidang MPLB (sumber materi: klik di sini)

2.      Mendeskripsikan etika profesi di bidang MPLB (Soft skill yang relevan dengan pekerjaan di bidang administrasi perkantoran)

3.      Menerapkan etika profesi di bidang MPLB.

4.      Mengidentifikasi pelaku wirausaha dibidang MPLB (Virtual Assistant, MPLB Broadcaster, Jasa Pengelolaan Arsip/Dokumen, dll)

5.   Mendeskripsikan peluang kerja dan usaha dibidang MPLB

Tahap 3:

3.1.Mengidentifikasi jenis profesi di bidang MPLB (sumber materi: klik di sini)

3.2.Mendeskripsikan etika profesi di bidang MPLB (Soft skill yang relevan dengan pekerjaan di bidang administrasi perkantoran)

3.3.Menerapkan etika profesi di bidang MPLB.

3.4.Mengidentifikasi pelaku wirausaha dibidang MPLB.

3.5.Mendeskripsikan peluang kerja dan usaha dibidang MPLB

        Praktik membuat akun LinkedIn

        Praktik mengoptimasi profile LinkedIn

        Praktik mencari peluang kerja di LinkedIn (sumber referensi)

60

Model :

1.  Pembelajaran Berbasis Penyingkapan (Discovery Learning)

2.  Pembelajaran Berbasis Masalah

    (Problem-based Learning)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

Alat :

    Smartphone

    LCD

    Laptop

    Guru tamu

    ATK

Bahan:

    Form Pengamatan

    Daftar Pertanyaan Lisan/tulis

Sumber  belajar:

    Lingkungan belajar/

organisasi terdekat

    Sumber Online

 

Teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan teknik pelayanan prima (excellence service), layanan pelanggan (customer service), serta prosedur dan instruksi kerja, baik untuk pekerjaan onsite maupun online (Work from Home atau Work from Anywhere)

Siswa mampu:

1.      Menjelaskan konsep pelayanan prima.

2.      Mengidentifikasi jenis pelayanan pelanggan di bidang MPLB di era saat ini (termasuk fitur chatbot)

3.      Menerapkan standar penampilan pribadi

4.      Menerapkan prinsip pelayanan prima secara offline maupun online

5.   Memberikan bantuan layanan pelanggan sesuai prosedur dan berorientasikan kepuasan pelanggan

Tahap 4:

4.1.  Menjelaskan konsep pelayanan prima.

4.2.  Mengidentifikasi jenis pelayanan pelanggan dibidang MPLB  di era saat ini (termasuk fitur chatbot)

4.3. Menerapkan standar penampilan pribadi

4.4. Menerapkan prinsip pelayanan prima secara offline maupun online

4.5.Memberikan bantuan layanan pelanggan sesuai prosedur

3.3.Menerapkan etika profesi di bidang MPLB dan berorientasikan kepuasan pelanggan

 

60

Model:

Project-based learning

(Pembelajaran berbasis projek)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

4. Demonstrasi

Alat :

    Smartphone

    LCD

    Laptop

    Guru tamu

    ATK

Bahan:

      Form Pengamatan

      Daftar Pertanyaan Lisan/tulis

      Daftar ceklis sikap

Sumber belajar:

Lingkungan belajar/organi sasi

Dokumen berbasis digital

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan dasar- dasar prosedur penanganan dokumen, jenis peralatan pengelolaan dokumen, dan prosedur penyimpanan dokumen berbasis digital sesuai sistem yang digunakan dunia kerja.

Siswa mampu:

1.   Mengidentifikasi jenis dokumen MPLB

2.   Menjelaskan prosedur penanganan dokumen kantor.

3.   Menjelaskan prosedur penyimpanan dokumen kantor (termasuk pemanfaatan knowledge based  management,  misalkan Confluence)

4.   Menjelaskan prosedur perawatan dokumen kantor.

5.   Mengidentifikasi jenis sarana / prasarana pengelolaan dokumen sesuai kebutuhan

        Aplikasi arsip digital

        Google Workspace (Google Document, Google Slide, Google Spreadsheet)

Tahap 5:

5.1.Mengidentifikasi jenis dokumen MPLB

5.2.Menjelaskan prosedur penanganan dokumen kantor.

5.3.Menjelaskan prosedur penyimpanan dokumen kantor (termasuk pemanfaatan knowledge based  management,  misalkan Confluence)

5.4.Menjelaskan prosedur perawatan dokumen kantor..

5.5.Mengidentifikasi jenis sarana/ prasarana pengelolaan dokumen sesuai kebutuhan.

        Aplikasi arsip digital

        Google Workspace (Google Document, Google Slide, Google Spreadsheet)

5.6.Menerapkan budaya kerja perkantoran yang ramah lingkungan

5.7.Menerapkan penggunaan jenis aplikasi sesuai standard.

60

Model :

1. Pembelajaran Berbasis Penyingkapan (Discovery Learning)

2.  Pembelajaran berbasis Poryek (Project Based Learning )

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

Peralatan:

     LCd, HP, laptop, printer, scanner, hardisk, flasdisk,

     Filling cabinet, Peralatan kearsipan

Bahan:

     Dokumen manual dan  digital

     Form pengelolaan  dokumen

     Aplikasi pengelolaan Dokumen

 

Peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran

Pada akhir fase E peserta didik mampu mengidentifikasi jenis peralatan kantor, penggunaan peralatan kantor, pemeliharaan peralatan kantor, aplikasi perangkat  lunak, prosedur penggunaan aplikasi perangkat lunak, dan prosedur mencetak dokumen.

 

Siswa mampu:

1.   Mengidentifikasi jenis perlatan kantor.

2.   Menjelaskan prosedur penggunaan peralatan kantor.

3.   Menjelaskan prosedur pemeliharaan peralatan kantor.

4.   Mendeskripsikan prosedur penggunaan jenis aplikasi perangkat lunak (termasuk tools pendukung Work from Home dan Work from Anywhere)

 5.  Menerapkan penggunaan jenis aplikasi sesuai standar.

6.   Mendeskripsikan prosedur mencetak       dan menggandakan  dokumen.

7.   Menerapkan prosedur mencetak dan menggandakan dokumen sesuai standard.

Tahap 6:

6.1.Mengidentifikasi jenis perlatan kantor.

6.2.Menjelaskan prosedur penggunaan peralatan kantor.

6.3.Menjelaskan prosedur pemeliharaan peralatan kantor.

6.4.Mendeskripsikan prosedur penggunaan jenis aplikasi perangkat lunak (termasuk tools pendukung Work from Home dan Work from Anywhere)

6.5.Menerapkan penggunaan jenis aplikasi sesuai standar

6.6.Mendeskripsikan prosedur mencetak       dan menggandakan  dokumen.

6.7.Menerapkan prosedur mencetak dan menggandakan dokumen sesuai standard.

2.8.Menerapkan budaya kerja perkantoran yang ramah lingkungan

 

48

Model :

Pembelajaran Berbasis Projek

(Project-based Learning)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

4. Demonstrasi

Alat :

       LCD, Komputer/ laptop, vidio

    laser pointer,

    ATK

     smartphone, earphone, wabcam, headphone piranti lunak,

       Alat penganda, penjilid, aplikasi piranti lunak, printer

Bahan:

       SOP pengguna an peralatan di tempat kerja/ simulasi

       SOP menggunakan aplikasi piranti lunak

       SOP mencetak Dokumen

 

Sistem informasi dan komunikasi organisasi

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami jenis informasi/data, prosedur penggunaan menu  homepage, dasar dasar komunikasi lisan, tulis dan komunikasi melalui media elektronik, serta prosedur penggunaan media komunikasi untuk pekerjaan onsite maupun online (Work from Home atau Work from Anywhere)

Siswa mampu:

1.   Menjelaskan pengertian sistem informasi manajemen.

2.   Mengidentifikasi jenis sistem informasi.

3.   Menjelaskan aktivitas sistem informasi.

4.   Menjelaskan konsep dasar komunikasi.

5.   Mengidentifikasi jenis  media komunikasi kantor untuk pekerjaan onsite maupun online (Work from Home atau Work from Anywhere → Slack)

Tahap 7:

7.1.Menjelaskan pengertian sistem informasi manajemen.

7.2.Mengidentifikasi jenis sistem informasi.

7.3.Menjelaskan aktivitas sistem informasi.

7.4.Menjelaskan konsep dasar komunikasi.

7.5.Mengidentifikasi jenis komunikasi kantor beserta medianya untuk pekerjaan onsite maupun online (Work from Home atau Work from Anywhere → Slack)

3.3.Menerapkan etika profesi di bidang MPLB.

 

48

Model:

Pembelajaran Berbasis Masalah

     (Problem-based Learning)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3.  3. Penugasan

 

 

 

Alat:

      Laptop, smartphone, earphone, computer, wabcam, headphone piranti lunak, ATK

Bahan:

     SOP mengak ses data/ informasi, akun google. Blocknote, LPT

    Buku tamu,

    Memo,

    Konsep surat,

    Kertas, sampul           surat, cap instansi

Layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami konsep layanan bisnis perkantoran, konsep logistik, jenis dokumen logistik, layanan           administrasi dokumen pergudangan beserta aplikasi pendukungnya, transportasi, distribusi dan delivery.

 

Siswa Mampu:

1.   Menjelaskan pengertian layanan  logistik.

2.   Mendekripsikan manfaat dan tujuan logistik.

3.   Mengidenifikasi aktivitas layanan logistik.

4.   Mendeskripsikan jenis dokumen layanan logistik beserta aplikasi pendukungnya

5.   Menjelaskan pengelolaan dokumen logistik

Tahap 8:

8.1.Menjelaskan pengertian layanan  logistik.

8.2.Mendekripsikan manfaat dan tujuan logistik.

8.3.Mengidentifikasi aktivitas layanan logistik.

8.4.Mendeskripsikan jenis dokumen layanan logistik.

8.5.Menjelaskan pengelolaan dokumen  logistic

6.6. Menerapkan penggunaan jenis aplikasi sesuai standar.

6.8. Menerapkan prosedur mencetak dan menggandakan dokumen sesuai standard

48

Model :

Pembelajaran Berbasis Projek

(Project-based Learning)

 

Metode :

1. Diskusi

2. Observasi

3. Penugasan

4. Demonstrasi

Alat:

      Komputer, printer,  aplikasi adm. logistik, buku administrasi barang,

      Dokumen administrasi barang, aplikasi pergudangan

Bahan :

    packaging

(karton, plastik,     isolasi dll

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

Drs. Ali Istihadi, M.T

NIP. 19650526 198903 1 006

Kraksaan, 18 Juli 2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Akhmad Syafi’i, S.Pd

NIP. 19880723 201903 1 012

 

Related

MPLB 3662162022825430315

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item