REFLEKSI SAPA RUMAH BELAJAR KELAS MAYA

 

REFLEKSI SAPA RUMAH BELAJAR
KELAS MAYA


 

 


Alhamdulillah hari ini saya baru menyaksikan acara sapa rumah belajar episode 1 dengan pokok pembahasan yaitu tentang kelas maya yang dipandu oleh Host Epi Suhaepi DRB Banten 2021 dan sebagai narasumber pada acara ini adalah Mbak Rica Yuniarti dari pusdati dan Irma lismayani DRB Sultra 2018. Program sapa rumah belajar sebuah ruang pengetahuan populer untuk guru dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia.

Setelah dilakukan analisis kebutuhan ternyata diperlukan fitur yang lebih interaktif untuk peserta didik dan juga guru, maka dikembangkanlah fitur kelas maya yang basisnya itu learning management system.

Pada kegiatan kali ini banya hal yang saya ketahui dan bisa saya pelajari tentang kelas maya pada platform rumah belajar, dimana Kelas Maya merupakan salah satu fitur dalam Portal Rumah Belajar yang dikembangkan Kemendikbud melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara online antara guru dan murid. Strategi pembelajaran di Kelas Maya lebih bersifat konstruktivistik, yaitu pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik sehingga mendorong keterampilan peserta didik.

Dalam fitur kelas maya ada menu penyelenggara Jadi selain guru dan siswa kelas maya juga bisa melibatkan guru-guru lain atau tenaga kependidikan.

Salah satu hal yag menarik dari fitur kelas maya adalah model pembalajaran dimana Model pembelajaran dalam Kelas Maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan fasilitas TIK yang tersedia.

Kelas maya memiliki beberapa kelbihan diantaranya yaitu :

1.       Mengutamakan fleksibilitas.  (berinteraksi dalam waktu yang tepat disesuaikan dengan ketersediaan waktu dan jadwal belajar)

2.       Memanfaatkan perangkat yang sudah ada dan dimiliki siswa. (laptop dan smartphone)

3.       Aktivitas siswa tersimpan dalam arsip. (ada data aktivitas guru dan siswa)

4.       Memanfaatkan perangkat pengelolaan kelas. (penilaian dan umpan balik)

5.       Memberikan kesempatan untuk berkomunikasi banyak arah. (interkasi dan komunikasi melalui forum diskusi serta berinteraksi dengan bahan belajar)

6.       Siswa belajar sesuai kemampuan dan kecepatan masing-masing.

7.       Guru dapat mengontrol aktivitas siswa meskipun tidak di tempat yang sama.

Kelas maya tidak hanya bisa digunakan oleh guru akan tetapi Kelas Maya dapat dimanfaatkan oleh sekolah, guru, dan siswa, Dimana Penyelenggara Kelas Maya itu sendiri bisa dilakukan oleh kepala sekolah dengan membuat  kebijakan untuk membuka kelas maya, mengatur, merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran melalui kelas maya, sehingga bisa diikuti oleh guru pengajar dan murid sebagai media pembelajaran.

Guru sebagai fasilitator dan Pengelola Kelas Maya memiliki peran dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kelas maya, sedangkan murdi sebagai Peserta Kelas Maya dapat mempelajari  bahan belajar yang diberikan bahkan murid bisa mengunduh materi yang dibutuhkan, bukan hanya mempelajari bahan ajar bahkan murid juga bisa Mengerjakan dan Mengunggah Tugas, Melakukan Diskusi dengan Topik tertentu Yang diberikan oleh guru, kemudian murid juga bisa Melihat Pengumuman dan Mengikuti Ujian.

Sebagai penutup refleksi, saya ingin menguatkan bahwa kelas maya ini adalah salah satu fitur yang ada di portal rumah belajar yang banyak manfaatnya. disana kita bisa memberikan materi juga bisa memberikan tugas dan  mengecek nilai siswa dan masih banyak kelebihan yang lainnya

 

Demikian dari saya, terima kasih salam sehat dan salam rumah belajar.


#rumahbelajar #kelasmaya

 

 

Related

rumah belajar 5554420351795696857

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item