1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh : Akhmad Syafi'i, S.Pd

Fasilitator : Dra. Does Ichnatun Dwi Soenoewati, M.Pd

pengajar praktik : Abdul Manaf Firdaus, M.Pd



Aksi Nyata

Pelatihan Mengajar di Mana Saja dengan Akun Pembelajaran oleh Google Master Trainer - GTK Kemdikbud.

Latar Belakang

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam merancang program pembelajaran. Tantangan yag dimaksud bisa muncul dari mana saja. Salah satunya adalah sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran. Dengan ditiadakannya kegiatan tatap muka di sekolah, guru menghadapi tantangan yang luar biasa dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya. Apalagi jika diharuskan menyampaikan materi pembelajaran secara daring. Guru membutuhkan platform khusus untuk menyampaikan materi, mengumpulkan tugas, dan lain sebagainya salah satunya sayng bisa digunakan adalah Google Suite for Education.

Tujuan Aksi Nyata

Adapun tujuan dari kegiatan rangkaian kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan guru dan pemimpin sekolah yang mampu memimpin perubahan pembelajaran di era digital adalah dengan diselenggarakannya pelatihan literasi digital
  • Mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi
  • Memanfaatkan layanan Google Suite for Education untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Tolak Ukur Aksi Nyata

Indikator bahwa kegiatan pelatihan Google Suite for Education ini berjalan dengan baikyakni sebagai berikut:
  • Guru mampu mengeksplorasi layanan yang dimiliki oleh Google Suite for Education secara mandiri untuk melatih keterampilannya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi
  • Guru mampu memanfaatkan layanan yang dimiliki oleh Google Suite for Education dengan menerapkannya ke dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di instansi masing-masing

Lini Masa Tindakan Yang Akan Dilakukan

Lini masa rencana aksi nyata dalam kegiatan pelatihan nasional ini yakni sebagai berikut:
  • Memahami perbedaan akun Google Suite for Education yang menggunakan domain belajar.id dengan akun Gmail pribadi
  • Menyimpan, membagikan, mendownload, upload, serta mengelola data di Google Drive
  • Berkolaborasi dalam mengedit dokumen di Google Docs
  • Berkolaborasi dalam mengedit presentasi di Google Slides.
  • Membuat survei dan kuis di Google Forms.
  • Berkolaborasi dalam mengedit data di Google Sheets.
  • Membuat topik, materi, tugas, dan kuis interaktif di Classroom.
  • Melakukan video call dan berbagi layar (Semua layar, window, Chrome Tab) di Google Meet.
  • Membuat acara, link Google Meet, mengundang orang di Google Calendar.
  • Mengirim email dan melampirkan lampiran di Gmail.

Kegiatan Aksi Nyata Simak Video Berikut :





Perasaan selama melakukan aksi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak

  • Antusias
  • Tertantang
  • Puas

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses

  • Mengadakan Pelatihan Serupa Dimasa Mendatang
  • Memberikan Pelatihan Secara Ofline Jika Situasi Sudah Memungkinkan
  • Bekerjasama Dengan Berbagai Pihak Seperti Cabang Dinas, Dinas Pendidikan dsb.
Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

  • Akun belajar.id bisa diintegrasikan dengan berbagai platform pembelajaran yang ada sehingga bisa saling melengkapi satu dengan yang lainnya
  • Dengan Pemanfaatan Google Work Space For Education bisa memudahkan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemi
  • Kementerian pendidikan menerbitkan akun belajar.id secara gratis untuk guru, tendik, dan murid

Refleksi

  • Memastikan semua peserta sudah mengaktifkan akun belajar.id
  • Menambah durasi waktu pelatihan dan penugasan
  • Kerjasama dengan lebih banyak organisasi profesi guru

BACA JUGA : 


SALAM GURU PENGGERAK
GURU BERGERAK INDONESIA MAJU





#aksinyata #nilaidanperangurupenggerak #gurupenggerak






Related

newsticker 6024484945247875640

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item