JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9
MENGGUNAKAN
MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE)



FACTS (PERISTIWA)

Pengalaman saya mengikuti pembelajaran dimunggu ke 9 ini yaitu dimulai dengan kegiatan refleksi terbimbing budaya positif dimana pada tahap ini saya melakukan refleksi mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif. Pertama saya melakukan evaluasi diri ini dengan menjawab pertanyaan yang disajikan. Setelah melakukan refleksi terbimbing kegiatan selanjutnya melakukan demonstrasi kontekstual, dimana pada tahap demonstrasi kontekstual ini saya melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap satu murid di sekolah saya dengan beberapa kegiatan diantaranya membuat sekenario kasus murid yang melanggar peratutran kemudian mengajak murid untuk melakukan praktek segitiga restitusi dengan meminta bantuan kepada rekan disekolah untuk merekam kegiatan tersebut. Setelah melakukan kegiatan demonstrasi kontekstual kegiatan selanjutnya, yaitu elaborasi pemahaman budaya positif bersama instruktur yang luar biasa, yaitu Bapak Suhud Rois dimana beliau memaparkan kembali tentang budaya positif melalu google meet. dalam kegiatan elaborasi peserta CGP diajak untuk diskusi menjawab pertanyaan yang sudah di sediakan setelah itu diperjalas kembali Bapak Suhud Rois selaku instruktur.

Hal baik yang saya alami pada proses kegiatan pembelajaran di minggu ke 9 ini, saya bisa memahami beberapa metode terkait penanganan murid yang bermasalah dengan menerapkan teori kontrol dan segitiga restitusi.

Hambatan atau kesulitan saya selama proses pembelajaran pada minggu ini yaitu kesulitan membagi waktu dengan kegiatan sekolah dimana pada minggu ini ada kegiatan sekolah khususnya kegiatan BKK untuk berkunjung sekaligus melakukan kerjasama dengan disnaker dan BLK. Untuk mengatasi kendala ini saya saya membagi waktu dengan baik dengan cara kegiatan saya bagi menjadi 2 hari sehingga kegiatan sekolah tetap berjalan dan kegiatan pendidikan guru penggerak tetap terlaksana dengan baik.

FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung merasa senang mendapatkan ilmu baru tentang 5 posisi kontrol dan segitiga restitusi dimana teori tersebut bisa diperaktekkan langsung dengan siswa di kelas

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dalam proses pembelajaran minggu ke 9 ini, yaitu saya menyadari bahwa cara saya melakukan penangan terhadap siswa masih kurang baik, akan tetapi setelah menerapkan posisi kontrol sebagai manager dalam menangani siswa masalah yang ada bisa ditangani dengan baik.

FUTURE (PENERAPAN)

Dalam pembelajaran minggu ke 9 ini banyak hal langsung bisa saya terapkan di kelas dan disekolah diantaranya, yaitu menyusun keyakinan kelas, memperaktekkan 5 posisi kontrol dengan tahapan segitiga restitusi. Dengan menerapkan posisi kontrol dan segitiga restitusi dengan berpedoman pada keyakinan kelas siswa bisa memperbaiki atas keinginan sendiri tanpa ada paksaan dari guru sehingga anak bisa kembali pada kelompoknya dengan cara yang baik dan lebih kuat.




AKHMAD SYAFI'I, S.Pd

CGP 4 SMK Negeri 1 Kraksaan

Kabupaten Probolinggo


#jurnalrefleksi #jurnalrefleksike9 #pendidikangurupenggerak


Related

newsticker 78470375877903848

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item