JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 10

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 10

MENGGUNAKAN

MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE)


FACTS (PERISTIWA)

Pengalaman saya mengikuti pembelajaran dimunggu ke 10, Yaitu dimulai dari diri. Dalam sesi ini, saya diminta untuk mengaktivasi pengetahuan yang telah dimiiki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mencoba mengidentifikasi apa saja yang ingin diketahui lebih lanjut terkait pembelajaran berdiferensiasi. Kemudian pada kegiatan eksplorasi konsep saya dapat menunjukkan pemahaman tentang apa itu diferensiasi konten, proses, dan produk. sehingga saya dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer dan saya kirim sebagai tugas.

Setelah mempelajari ekplorasi konsep selanjutnya saya, fasilitar dan rekan CGP lainnya melakukan diskusi daring. kita melakukan berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. Dalam kesempatan itu saya bersama rekan kelompok diminta untuk membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk satu materi yang dapat dipilih sendiri.

Setelah melakukan kolobarasi dengan rekan CGP lainnya saya melakukan kegiatan refleksi yaitu melakukan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah dilalui serta menggunakan pemahaman baru untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya yang bisa diaplikasikan dikelas atau dilembaga masing-masing.

Hal baik yang saya alami pada proses kegiatan pembelajaran di minggu ke 10 ini, saya bisa memahami apa itu pembelajaran berdiferensiasi dan mencoba menerapkannya dalam rancangan perangkat pembelajaran. Hambatan atau kesulitan saya selama proses pembelajaran pada minggu ini, Yaitu saya mengalami kesulitan dalam merancang RPP berdiferensiasi karena harus mengakmodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda. Untuk mengatasi kendala ini saya mencoba mempelajari lebih dalam lagi terkait bagai mana merancang RPP berdiferensiasi dengan bertanya kepada rekan CGP dan memnta materi pada fasilitator, sehingga lambat laun saya bisa merancang RPP berdiferensiasi.

FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran pada minggu ini sangat senang dan termotivasi sekali, karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan hal yang baru untuk bisa menfasilitasi setiap anak yang memiliki kebutuhan belajar yang berbeda.

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dalam proses pembelajaran minggu ke 10 ini, yaitu saya bisa memahami apa itu pembelajaran berdiferensiasi dan mencoba belajar untuk melakukan pemetaan terhadap murid terkait kesiapan, minat dan profil belajar murid.

FUTURE (PENERAPAN)

Dalam pembelajaran minggu ke 10 ini banyak hal langsung bisa saya terapkan di kelas atau disekolah diantaranya, yaitu menyusun perangkat pembelajaran berdiferensiasi dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Melakukan setrategi pembelajaran yang berbeda pada stiap murid sesui dengan kesiapan, minat dan profil belajarnya.

Dalam pembelajaran saya juga bisa menggunak media dan sumber belajar yang berbeda, bisa menggunakan video, audio, gambar, artikel dan lain sebagainya tergantung gaya belajar murid.


BAJA JUGA : 



AKHMAD SYAFI'I, S.Pd

CGP 4 SMK Negeri 1 Kraksaan

Kabupaten Probolinggo


#jurnalrefleksi #jurnalrefleksimingguke10 #gurupenggerak




Related

newsticker 5157469469397598304

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item