JURNAL REFLEKSI MINGGU 2

 


JURNAL REFLEKSI MINGGU 2

MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE

Oleh

Akhmad Syafi’i, S.Pd

SMK Negeri 1 Kraksaan



FACTS (PERISTIWA)


Refleksi minggu Ke 2 ini saya mulai dengan presentasi kelompok tentang kerangka pembelajaran yang  sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, dimana dalam kegiatan tersebut setiap kelompok di beri kesempatan untuk memperesentasikan hasil diskusi tentang desain kerangka pembelajaran. Dalam kegiatan presentasi tersebut, ada banyak masukan, saran, pertanyaan dari kelompok lain yang sifatnya membangun, selain itu masukan dari Ibu fasilitator Ibu Does Ichnanatun dalam kegiatan presentasi menggugah kita untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Setelah kerangka pembelajaran kita peresentasikan dan melakukan revisi berdasarkan masukan dari ibu fasilitator selanjutnya kita unggah ke halaman LMS sebagai tugas.


Kegiatan selalanjutnya yaitu melakukkan refleksi terbimbing presentasi kerangka filsosifis “Merdeka Belajar” dimana hal ini menjadi penguatan bagi saya dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru sebagai pendidik dan pembelajar.


Setelah melakukan refleksi terbimbing selanjutnya saya menuangkan sebuah pemahaman atas pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam konteks peran saya sebagai guru dan interaksi dengan siswa dan warga sekolah dalam bentuk demonstrasi konstekstual pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam karya, dimana karya yang saya buat adalah dalam bentuk video. 


Selanjutnya kegiatan yang tak kalah menariknya dalam minggu ini yaitu elaborasi pemahaman melalui konferensi “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara” oleh perguruan taman siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan merdeka belajar, dalam kegiatan tersebut menghadirkan seorang pemateri handal yaitu Ki Priyo Dwiarso dimana beliau memberikan gambaran nyata terhadap sosok Ki Hajar Dewantara. Cara dalam penerapan Merdeka belajar di perguruan taman siswa mengadopsi apa yang diajarkan oleh sosok Ki Hajdar Dewantara  yang menempatkan anak sesuai kodrat.


Hal baik yang saya alami dalam proses pembelajaran minggu ke 2 ini adalah saya bisa belajar membuat sebuah karya dalam bentuk video sebagai bentuk konkret pemahaman saya terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan konteks kelas dan sekolah saya SMK Negeri 1 Kraksaan.


Adapun kesulitan yang saya  hadapi dalam mengikuti setiap kegiatan yaitu adanya jadwal yang padat dalam kegiatan belajar mengajar sehingga saya harus mengatur sedemikian rupa untuk tetap bisa menjalankan kegiatan program pendidikan guru penggerak secara maksimal 


FEELINGS (PERASAAN)


Perasaan saya dalam mengikuti kegiatan minggu ke 2 ini sangat senang dan termovasi sekali, apa lagi dalam kegiatan elaborasi bisa menghadirkan sosok pemateri yang luar biasa Ki Priyo Dwiarso yang membuat saya lebih memahami filosopis pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam penerapannya di perguruan taman siswa.


FINDINGS (PEMBELAJARAN)


Pelajaran yang saya dapat dalam proses ini yaitu terutama dalam fungsi seorang guru dalam kelas, guru tidak lagi sebagai instruktur tetapi menjadi sebuah fasilitator yang bisa menuntun anak berkembang sesuai dengan bakat, minat dan fotensinya masing-masing.


FUTURE (PENERAPAN)


Dengan kegiatan dan pembelajaran yang sudah dilalui tentunya akan banyak implementasi pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu melatih siswa memiliki jiwa gotong royong, berfikir kritis, menerapkan metode dan model pembelajaran yang berpihak kepada siswa.









Related

newsticker 9137957143010623461

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item