Jurnal Refleksi Minggu Ke 3

 JURNAL REFLEKSI MINGGU 3

MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE

Oleh

Akhmad Syafi’i, S.Pd

SMK Negeri 1 Kraksaan



FACTS (PERISTIWA)


Refleksi minggu ke 3 saya mulai dengan kegiatan aksi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah, dimana dalam penerapannya dilakukan sebuah perencanaan kolaborasi dengan rekgan guru yang lainnya. Hal nyata yang saya lakukan adalah penerapannya didalam proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran berpusat pada siswa dengan model discovery learning melatih siswa komunikasi dan berfikir kritis, kemudian saya juga memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Setelah melakukan aksinyata selanjutnya masuk pada modu 1.2 Mulai dari diri Nilai dan Peran Guru Penggerak Pada kesempatan ini, pembelajaran dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri saya.

Hal yang baik dari proses aksi nyata yaitu saya bisa menerapkan secara nyata apa yang menjadi pemikiran Ki Hadjar Dewantara sehinga menambah pemahaman saya terkait pemkiran Ki Hadjar Dewantara, kemudian dari kegiatan membuat trapesiun disitu saya belajar bahwa perlunya menanamkan hal yang positif pada anak didik karena hal itu akan teringat terus dimasa berikutnya.

Dalam kegiatan minggu ke 3 ini tidak ada hambatan yang berarti semua berjalan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan


FEELINGS (PERASAAN)


Perasaan saya dalam mengikuti kegiatan minggu ke 3 ini sangat senang,  termotivasi dan merasa tertantang untuk melaksanakan praktik baik disekolah selalu ingin belajar hal baru dalam hal penerapan teknologi kedalam kegiatan pembelajaran. Dalam membuat trapesium usia membawa saya kemasa lampau mengingat kembali hal positif dan hal yan negatif bagi saya itu merupakan hal yang sangat menyenangkan sekali.



FINDINGS (PEMBELAJARAN)


Dalam kekiatan minggu ke 3 ini, pembelajaran yang dapat saya ambil adalah bagaimana kita menerapkan sebuah pemikiran menjadi sebuah tindakan nyata yang bermanfaat. Dalam perjalanan kehidupan kita mulai dari awal kita mengenyam pendidikan sampai dengan sekarang menjadi seorang guru tentunya banyak hal positif dan negatif yang bisa dijadikan sebuah pembelajaran yang berharga.




FUTURE (PENERAPAN)


Dengan kegiatan pembelajaran di minggu ke 3 ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih baik dengan melakukan perencanaan yang lebih matang untuk diterapkan dalam aksi nyata. Memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan memberikan contoh yang baik dengan menginspirasi siswa, apa yang siswa lihat dari seorang guru akan turut menentukan prilaku siswa dimasa mendatang.


Related

newsticker 3464942414097085380

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item