JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 8

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 8

MENGGUNAKAN

MODEL 4 F (FACTS, FEELING, FINDINGS, FUTURE)



FACTS (PERISTIWA)

Pengalaman saya mengikuti pembelajaran dimunggu ke 8 ini yaitu dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah, selanjutnya saya mempelajari ekplorasi konsep, dimana ekplorasi konsep terdiri dari beberapa bagian yaitu perubahan paradigma -stimulus respon lawan teori kontrol, arti disiplin dan 3 motivasi perilaku manusia, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol dan segitiga restitusi. kegiatan selanjutnya yaitu ruang kolaborasi pada tahap ruang kolaborasi ini, kami berkolaborasi dengan cgp lain untuk membuat komunitas praktisi. pada sesi ini, kami akan melakukan kerja kelompok dengan ketentuan kelompok masing-masing mempelajari kasus-kasus yang disediakan kemudian melakukan analisis mendalam terhadap kasus-kasus yang disediakan dan menjawab pertanyaan disetiap kasus-kasus yang disediakan.

Hal baik yang saya alami pada proses tersebut saya bisa memahami dan mengerti seberapa pentingnya budaya positif harus diterapkan di sekolah, saya juga bisa belajar dari rekan cgp lain tentang buday positif yang diterapkan disekolah masing-masing.

Hambatan atau kesulitan saya selama proses pembelajaran pada minggu ini yaitu kesulitan membagi waktu dimana pada minggu ini saya ditunjuk sebagai operator P3K dimana saya harus konsen kepada peserta P3K yang mengalami kendala untuk segera diatasi. Untuk mengatasi kendala ini saya mencari waktu pada waktu istirahat setiap sesi kegiatan P3K, Alhamdulillah tugas bisa saya selesaikan.


FEELINGS (PERASAAN)

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung merasa senang mendapatkan ilmu baru tentang budaya positif diantaranya yang menarik adalah keyakinan kelas, hubungan dan penghargaan, posisi kontrol dan segitiga restitusi.


FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dalam proses pembelajaran minggu ke 8 in bahwa setiak anak memiliki karakter yang berbeda dan cara untuk mengekspresikan kebebasan dalam bentuk tindakan pun berbeda-berbeda maka diperlukan penanganan yang baik dengan memanfaatkan teori kontrol dan segitiga restitusi.


FUTURE (PENERAPAN)

Dalam pembelajaran minggu ke 8 ini banyak hal yang bisa saya terapkan terkait budaya positif disekolah tenntunya berdasar pada teori kontrol dsan segitiga restitusi. saya harus bisa menggali permassalahan anak dari akarnya sehingga bisa memberikan penanganan yang baik yang menguntungkan semua pihak baik itu guru, murid dan sekolah.


BACA JUGA : JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9


salam guru penggerak

guru bergerak indonesia maju


AKHMAD SYAFI'I, S.Pd

CGP 4 SMK Negeri 1 Kraksaan

Kabupaten Probolinggo


#jurnalrefleksi #jurnalrefleksimingguke8 #pendidikangurupenggerak


Related

newsticker 5002470334957524121

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item