1.1.A.9. KONEKSI ANTAR MATERI - KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

 1.1.A.9. KONEKSI ANTAR MATERI - KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA




APA YANG SAYA PERCAYA TENTANG MURID DAN PEMBELAJARAN DI KELAS SEBELUM SAYA MEMPELAJARI MODUL 1.1?

  • Peserta didik adalah kertas kosong yang bisa kita bentuk sesuai kehendak kita sebagai seorang guru
  • Peserta didik harus patuh pada guru sebagai pusat pembelajaran (Teacher Centered Learning)
  • Peserta didik harus menguasai semua materi ajar yang saya sampaikan
  • Mengutamakan kognitif peserta didik dibandingkan aspek lain seperti keterampilan, dan karakter

APA YANG BERUBAH DARI PEMIKIRAN ATAU PERILAKU SAYA SETELAH MEMPELAJARI MODUL ?

  • Merubah Mindset bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar
  • Sebagai pendidik harus lebih cermat melihat minat, bakat dan potensi anak (menuntun anak sesuai kodrat)
  • Tidak lagi fokus pada penilaian kognitif anak
  • Lebih memerdekan anak dalam belajar

APA KATA KI HAJAR DEWANTARA ?

  • Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.
  • Anak-anak tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.
  • Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggauta persatuan (rakyat).
  • Dalam sistem among, guru memiliki tiga fungsi utama. yaitu Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati dan Memberikan dorongan para murid.

APA YANG BISA SEGERA SAYA TERAPKAN LEBIH BAIK AGAR KELAS SAYA MENCERMINKAN PEMIKIRAN KHD?

  • Membuat kesepakatan kelas bersama peserta didik sebagai wujud merdeka belajar
  • Menerapkan pendidikan budi pekerti dengan suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan
  • Mengembankan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan potensinya masing-masing
  • Melakukan penerapan pendidikan karakter bagi peserta didik melalui pembiasaan baik dirumah maupun disekolah
  • Membuat budaya belajar bersama (kelompok) sebagai wujud menghargai budaya
  • Menerapkan pembelajaran sistem among dalam menuntun segala kodrat yang ada pada anak
  • Mengintegrasikan teknologi, permainan dalam pembelajaran
  • Menerapkan Student Centered Learning dan melatih siswa untuk berfikir kritis
Simak Video Selengkapnya di klik di Koneksi Antar Materi Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara




Oleh : Akhmad Syafi'i, S.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 4

SMK NEGERI 1 KRAKSAAN _ KABUPATEN PROBOLINGGO





Related

newsticker 5231787601839594717

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item