Ide Menulis Bagi Guru

 

Ide Menulis Bagi Guru



Waktu Pelaksanaan  : Senin 17 Januari 2022 

Media Pelaksanaan   : Daring Via Wa Grup

Narasumber               : Wijaya Kusumah, M.Pd (Om Jay)

Moderator                  : Maesaroh, M.Pd

 

Pada hari senin, tanggal 17 januari pukul 19.00 saya mengikuti pelatihan belajar menulis yang diselenggarakan oleh PGRI, tema yang diangkat, yaitu ide menulis bagi guru dengan nara sumber yang luar biasa Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd.


Bapak Wijaya Kusumah terkenal dengan sebutan Blogger Indonesia karena beliau sering sekali memotivasi guru-guru Indonesia untuk bergerak menulis khususnya menulis di blog. Selain menjadi seorang blogger beliau juga aktif diundang sebagai motivator dalam acara seminar maupun workshop.


Dalam hal menulis banyak sekali ide yang bisa kita peroleh, baik itu dari kegiatan sehari-hari kita sebagai guru kemudian kita tuliskan dalam bentuk pengalaman atau kita melihat peristiwa yang luar biasa yang terjadi pada murid kita kemudian kita tuliskan. 


Banyak diantara kita mengatakan menulis itu sulit, padahal untuk bisa menulis kita hanya perlu mulai menulis saja. Bisa kita mulai dengan menulis di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Kemudian tulisan yang ada di sosial media, kita gabungkan menjadi satu sehingga membentuk suatu kesatuan tulisan yang menarik. Seperti yang sering dikatakan oleh Om Jay, sapaan Bapak Wijaya Kusumah menulislah setiap hari lalu buktikan apa yang terjadi. Menurut saya itu benar adanya dengan terbiasa menulis kita akan mengerti apa yang menjadi kesalahan kita dengan seiring berjalannya waktu kita bisa memperbaiki tulisan tersebut.


Seorang penulis yang handal itu tidak serta merta langsung hebat dalam menulis tentunya butuh proses, sama halnya yang dialami oleh Om Jay beliu awalnya tidak bisa menulis tetapi memilih untuk belajar menulis seiring berjalannya waktu beliau membuktikan bahwa beliau bisa menjadi penulis yang handal bahkan bisa menginspirasi guru Indonesia untuk mulai menulis.


Guru di Indonesia rata-rata memiliki pendidikan S-1 tentunya pernah menulis paling tidak menulis skripsi, sehingga tidak ada alasan untuk mengatakan saya tidak bisa menulis. Hanya saja kemampuan yang dulu kita miliki perlu kita asah kembali, memulai menulis lagi sehingga seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa menulis.


Dengan menulis kita bisamembagikan hal-hal yang bermanfaat bagi sesama bisa kita mulai dengan hal yangkita senangi, tentang olahraga, ekonomi, sosial maupun pendidikan. Apa lagi menulis sesuatu yang menjadi trend saat ini seperti tentang P3K, guru penggerak dan lain sebagainya. Tentunya akan banyak orang yang membaca karena hal tersebut merupakan hal yang dibutuhkan saat ini oleh guru – guru indonesia, dimana saat ini kita ketahui pemerintah baru saja menyelenggarakan seleksi P3K tahap ke 2 dan nantinya akan dilanjutkan seleksi P3K tahap ke 3.


Dalam kegiatan berlatih menulis tentunya banyak hal baik yang bisa dirasakan yang awalnya kita merasa malas menulis menjadi termotivasi untuk terus mengembangkan kemampuan menulis. Dengan menulis kita bisa bergabung dengan komunitas menulis disitu kita bisa saling diskusi saling berbagi dan saling memotivasi terkait dunia menulis.


Pada awal menulis tentunya kita akan menemukan kendala dan alasan-alasan yang menyebabkan kita tidak jadi menulis seperti sibuk, ataupun kendala-kendala teknis lainnya. Untuk tetap bisa menulis maka paksalah untuk bisa menulis karena menulis ditengah kesibukan itu asyik dan menarik.


Setelah mulai menulis paragraf demi paragraf kita akan merasa tertantang untuk meneruskan tulisan tersebut dan mulai menghubungkan paragraf demi paragraf sehingga menjadi kesatuan yang utuh. Menulis akan memberikan kepuasan tersendiri bagi penulisnya setelah mampu menuliskan tulisannya apalagi dibaca oleh pembaca dan kemudian diberikan masukan yang membangun.


Dalam menulis banyak hal baru yang bisa kita pelajari, untuk menambah pemahaman kita dalam hal menulis tentunya kita dituntut untuk banyak membaca pula dengan banyak membaca akan menambah wawasan dan penguasaan kata sehingga disitulah kita akan banyak belajar hal baru.


Dengan terus-menerus menulis akan bisa mempertajam tulisan kita dan akan semakin enak dibaca oleh pembaca. Kita bisa terus menulis mulai lah dengan hal sederhana dan dilakukan secara terus menerus dan buktikan sendiri apa yang terjadi.

 

 

Terima Kasih

Akhmad Syafi’i, S.Pd


Posting Komentar

  1. keren pa resumenya semoga kita semua bisa menyelesaikan pelatihan ini dengan baik dan bisa menerbitkan sebuah buku

    BalasHapus
  2. Selamat berjuang untuk menjadi penulis

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item