CAPAIAN PEMBELAJARAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISINIS

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISINIS



Assalamu Alaikum, salam sehat dan tetap semangat sahabat bapak/ibu Guru MPLB. sudah tau belum dalam kurikulum merdeka Otomatisasi Tata kelola Perkantoran (OTKP) berganti nama dengan Manjemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB).

Dengan berganti nama dengan MPLB tentunya juga dikuti dengan perubahan yang lain, dulu kita mengenal istilah KI dan KD pada kurikulum sebelumnya sekarang pada kurikulm merdeka kita mengena istilah CP yaitu capaian pembelajaran. Lalu apa saja CP yang ada pada jurusan MPLB ? Berikut uraiannya sahabat Bapak/Ibu Guru.

1.             CAPAIAN            PEMBELAJARAN             DASAR-DASAR             MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS

A.   Rasional

Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan  Bisnis  adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan kantor dan layanan bisnis.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis merupakan mata pelajaran kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yang berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan renjana (passion) agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berfungsi untuk menumbuh kembangkan keprofesionalan dan kebanggaan pada peserta didik terhadap Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi dan isu- isu terkini di industri, mengenali berbagai macam profesi, okupasi kerja, dan peluang usaha, mengelola surat dan dokumen berbasis digital, menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran, mengelola sistem informasi, melakukan komunikasi, serta memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan pada bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana (passion), dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project based learning, problem based learning, discovery and inquiry learning, teaching factory, serta model-model lainnya yang relevan.


Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi, resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan, dan sebagai tenaga operator junior di bidang komputer dan otomatisasi perkantoran yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi dan gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

B.   Tujuan

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) yang meliputi:

    1. memahami proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja.
    2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
    3. memahami profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
    4. menerapkan    teknik     dasar    aktivitas    perkantoran    di    bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
    5. mengelola dokumen berbasis digital;
    6. menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran;
    7. mengelola sistem informasi dan komunikasi organisasi; dan
    8.  memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan.

C.   Karakteristik

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berfokus pada kompetensi yang bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga administrasi dan otomatisasi perkantoran, layanan bisnis, serta jabatan lain yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis membutuhkan kemampuan kerja sama, ketelitian, percaya diri, dan komunikasi yang efektif. Selain itu mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang proses bisnis,


perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, profil pekerjaan/profesi (job profile), serta peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis meliputi:

 

Elemen

Deskripsi

Proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja

Meliputi pemahaman proses bisnis di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis, tahapan fungsi manajemen (perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian) dalam lingkup pekerjaan kantor, serta pengenalan rantai pasok (supply chain) dalam layanan pengelolaan barang berbasis K3 industri dan 5R.

Perkembangan teknologi dan isu- isu terkini dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis

Meliputi pemahaman tentang paradigma manajemen perkantoran modern, otomatisasi perkantoran, revolusi industri 4.0, budaya kerja, dan eco-green (ramah lingkungan).

Profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis

Meliputi pemahaman tentang berbagai jenis profil pekerjaan/profesi (job profile) di masa sekarang dan di masa mendatang, serta peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis

Meliputi pemahaman tentang teknik pelayanan prima (excellence service), layanan pelanggan (customer service), serta prosedur dan instruksi kerja.

Dokumen berbasis digital

Meliputi pemahaman tentang dasar-dasar prosedur penanganan dokumen, jenis peralatan pengelolaan dokumen, dan prosedur penyimpanan

dokumen berbasis digital sesuai sistem yang digunakan di dunia kerja.

Peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran

Meliputi pemahaman tentang jenis peralatan kantor, prosedur penggunaan peralatan kantor, pemeliharaan peralatan kantor, aplikasi perangkat lunak, prosedur

penggunaan aplikasi perangkat  lunak  dan  keras untuk perkantoran, dan prosedur mencetak dokumen.

Sistem informasi dan komunikasi organisasi

Meliputi pemahaman tentang jenis data dan informasi, prosedur penggunaan menu home page, dasar-dasar komunikasi lisan dan tulisan, serta prosedur komunikasi melalui media elektronik

Layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan

Meliputi pemahaman tentang konsep layanan bisnis perkantoran, konsep logistik, jenis dokumen logistik, layanan administrasi dokumen pergudangan,

transportasi, distribusi dan pengiriman (delivery).


D.  Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yang dipilihnya, sehingga mampu memiliki gambaran karir dan rencana pengembangan diri di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang sesuai dengan bakat, minat, dan renjana (passion). Selain itu pada akhir fase E pada aspek soft skills peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi, serta konsisten dalam menerapkan budaya kerja dalam layanan bisnis. Sedangkan pada aspek hard skills peserta didik mampu menerapkan elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis sebagai berikut:

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan proses bisnis di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis, tahapan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian) dalam lingkup pekerjaan kantor, serta

pengenalan rantai pasok (supply chain) dalam layanan pengelolaan barang berbasis K3 industri dan 5R.

Perkembangan teknologi dan isu- isu terkini terkait manajemen

perkantoran dan layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan perkembangan manajemen perkantoran modern, otomatisasi perkantoran, perkembangan revolusi industri 4.0 di bidang perkantoran dan layanan bisnis, budaya kerja, dan eco-green (ramah lingkungan).

Profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan

layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan profil pekerjaan/profesi (job profile) di masa sekarang dan di masa mendatang, serta peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan

layanan bisnis

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan teknik pelayanan prima (excellent service), layanan pelanggan (customer service), serta prosedur dan instruksi kerja.

Dokumen berbasis digital

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan dasar-dasar prosedur penanganan dokumen, jenis peralatan pengelolaan dokumen, dan prosedur penyimpanan dokumen berbasis digital sesuai sistem

yang digunakan di dunia kerja.


 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran

Pada akhir fase E peserta didik mampu mengidentifikasi jenis peralatan kantor, menggunakan peralatan kantor, menerapkan prosedur pemeliharaan peralatan kantor, menggunakan aplikasi perangkat lunak dan keras untuk perkantoran, serta mampu menerapkan prosedur mencetak dokumen.

Sistem informasi dan komunikasi organisasi

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan jenis data dan informasi, menerapkan prosedur penggunaan menu home page, menerapkan dasar- dasar komunikasi lisan dan tulisan, serta menerapkan

serta prosedur komunikasi melalui media elektronik.

Layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan konsep layanan bisnis perkantoran, konsep logistik, jenis dokumen logistik, layanan administrasi dokumen pergudangan, transportasi, distribusi, dan pengiriman

(delivery).

 


 

134.   CAPAIAN PEMBELAJARAN MANAJEMEN PERKANTORAN

 

A.   Rasional

Mata pelajaran Manajemen Perkantoran merupakan mata pelajaran kejuruan yang berisi sekumpulan kompetensi untuk mencapai penguasaan keahlian kerja di bidang manajemen perkantoran. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan dari mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada Fase E sehingga dalam proses pelaksanaan pembelajarannya akan lebih meningkatkan kompetensi yang telah dicapai sesuai dengan tuntutan, tantangan, dan kebutuhan dunia kerja.

Mata pelajaran ini diberikan kepada peserta didik di Fase F yang berfungsi untuk lebih memperkuat dan menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap keahlian (keprofesian) manajemen perkantoran, melalui pemahaman dan penerapan tentang ekonomi dan bisnis, pengelolaan administrasi umum, komunikasi di tempat kerja, pengelolaan kearsipan, teknologi perkantoran, pengelolaan rapat/pertemuan, pengelolaan keuangan sederhana, serta penatalaksanaan administrasi pada bidang spesifik (sumber daya manusia/kepegawaian, sarana prasarana, humas dan keprotokolan, dan lainnya) sesuai tuntutan dan kebutuhan bidang manajemen perkantoran di dunia kerja. Berbekal sikap, pengetahuan, dan keterampilan di bidang manajemen perkantoran peserta didik akan mampu berwirausaha secara mandiri dan/atau melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Pembelajaran mata pelajaran ini dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari untuk dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain Project-based Learning, Problem-based Learning, Discovery Learning, Inquiry Learning, Teaching Factory, serta model-model lainnya yang relevan.


Mata pelajaran ini berkontribusi untuk membentuk peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi kantor, resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan (customer service), operator komputer junior di bidang perkantoran, dan jabatan lainnya yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi/gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Selain itu, dalam tuntutan bekerja sebagai karyawan atau pegawai, mata pelajaran ini pun diharapkan dapat membekali peserta didik untuk berwirausaha dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

B.   Tujuan

Mata pelajaran ini bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan (soft skills dan hard skills), yang meliputi:

    1.  memahami dasar-dasar ekonomi dan bisnis;
    2. menerapkan pengelolaan administrasi umum;
    3.  menerapkan komunikasi di tempat kerja;
    4. menerapkan pengelolaan kearsipan;
    5. menerapkan  teknologi  perkantoran;
    6. menerapkan pengelolaan rapat/pertemuan;
    7. menerapkan pengelolaan keuangan sederhana;
    8. menerapkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menerapkan pengelolaan sarana dan prasarana; dan menerapkan pengelolaan humas dan keprotokolan.

 

C.   Karakteristik

Mata pelajaran ini pada Fase F berfokus pada pendalaman dan peningkatan penguasaan kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga administrasi perkantoran atau jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

Mata pelajaran ini membutuhkan kemampuan ketelitian, kecepatan, dan ketepatan sehingga mampu mengerjakan berbagai tugas perkantoran dengan cepat dan tepat. Mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik agar mampu melaksanakan operasional pengelolaan manajemen kantor dan layanan bisnis di tempat kerja sebagai berikut.


 

Elemen

Deskripsi

Ekonomi dan bisnis

Meliputi ilmu ekonomi, pelaku kegiatan ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, jenis pasar, bentuk badan usaha, lembaga keuangan, rencana usaha kecil dan menengah, e-commerce, serta dasar-dasar

pemasaran.

Pengelolaan administrasi umum

Meliputi korespondensi menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tingkat dasar, penanganan surat (mail handling), dokumen perjalanan dinas, akomodasi dan transportasi perjalanan dinas (business travelling arrangement), serta pengelolaan

jadwal kegiatan pimpinan (daily agenda).

Komunikasi di tempat kerja

Meliputi prosedur berkomunikasi lisan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya melalui telepon maupun secara langsung

dengan kolega/pelanggan, serta mengelola informasi di tempat kerja.

Pengelolaan kearsipan

Meliputi prosedur penyimpanan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penentuan masa retensi arsip, penyusutan arsip, serta pengelolaan arsip secara

elektronik/digital.

Teknologi Perkantoran

Meliputi teknik mengetik cepat (keyboarding), peralatan dan perlengkapan kantor (office supplies), mesin-mesin kantor (office machine), aplikasi perkantoran (office software), komputasi berbasis online (cloud computing), serta akses data/informasi melalui internet.

Pengelolaan rapat/pertemuan

Meliputi pengelolaan rapat/pertemuan secara online

maupun offline, penyiapan materi presentasi, dan pembuatan notulen rapat.

Pengelolaan

keuangan sederhana

Meliputi pengelolaan kas kecil, pembuatan laporan kas

kecil, pelaksanaan transaksi perbankan sederhana, serta pelaksanaan transaksi kas dan nonkas.

Pengelolaan sumber daya manusia (SDM)

Meliputi peraturan ketenagakerjaan, prosedur administrasi perencanaan, perekrutan, pengembangan,

penghargaan, hubungan industrial, penilaian, dan pemberhentian karyawan.

Pengelolaan sarana dan prasarana

Meliputi peraturan sarana dan prasarana kantor, prosedur administrasi pengadaan, penyimpanan, penyaluran, inventarisasi, pengoperasian, pemeliharaan, penghapusan sarana dan prasarana kantor, furniture kantor (office furniture), interior kantor (office arrangement), dan tata ruang kantor (office

layout).

Pengelolaan humas dan keprotokolan

Meliputi khalayak humas, etika dan kode etik profesi humas, media komunikasi humas, kegiatan kehumasan, pelayanan kepada kolega/pelanggan,

peraturan keprotokolan, dan penanganan berbagai kegiatan keprotokolan.

 

D.  Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah, sedangkan pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami dan menerapkan elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran ini.


 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Ekonomi dan bisnis

Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami ilmu ekonomi, pelaku kegiatan ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, jenis pasar, bentuk badan usaha, lembaga keuangan, rencana usaha kecil dan

menengah, e-commerce, serta dasar-dasar pemasaran.

Pengelolaan administrasi umum

Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami pengelolaan administrasi umum mulai dari melaksanakan korespondensi menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, menerapkan penanganan surat (mail handling), memproses dokumen perjalanan dinas, akomodasi dan transportasi perjalanan dinas (business travelling arrangement), serta melakukan

pengelolaan jadwal kegiatan pimpinan (daily agenda).

Komunikasi di tempat kerja

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan prosedur berkomunikasi lisan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya, baik melalui telepon maupun secara langsung dengan

kolega/pelanggan, serta mengelola informasi di tempat kerja.

Pengelolaan kearsipan

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan pengelolaan kearsipan mulai dari prosedur penyimpanan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penentuan masa retensi arsip, penyusutan arsip,

serta pengelolaan arsip secara elektronik/digital.

Teknologi kantor

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan teknik mengetik cepat (keyboarding), mengoperasikan peralatan dan perlengkapan kantor (office supplies), mesin-mesin kantor (office machine), mengoperasikan aplikasi perkantoran (office software), menerapkan pembuatan dan penyimpanan file/data berbasis online (cloud computing), serta melakukan akses

data/informasi melalui internet.

Pengelolaan rapat/pertemuan

Pada akhir Fase F peserta didik mampu menerapkan prosedur persiapan kegiatan rapat/pertemuan secara online maupun offline, menyiapkan bahan/materi

presentasi, dan membuat notulen rapat.

Pengelolaan Keuangan Sederhana

Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengelola kas kecil, membuat laporan kas kecil, melaksanakan

transaksi perbankan sederhana, serta melaksanakan transaksi kas dan nonkas.

Pengelolaan sumber daya manusia (SDM)

Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami peraturan ketenagakerjaan, menerapkan prosedur administrasi perencanaan, perekrutan, pengembangan, penghargaan, hubungan industrial, penilaian, dan

pemberhentian karyawan.

Pengelolaan sarana dan prasarana

Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami peraturan sarana dan prasarana kantor, menerapkan prosedur administrasi pengadaan, penyimpanan, penyaluran, melakukan inventarisasi, pengoperasian, pemeliharaan, penghapusan sarana dan prasarana kantor, memahami furnitur kantor (office furniture),

interior kantor (office arrangement), serta tata ruang kantor (office layout).

Pengelolaan humas dan keprotokolan

Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami khalayak humas, etika dan kode etik profesi humas, membuat media komunikasi humas, menerapkan kegiatan kehumasan, menerapkan pelayanan kepada

kolega/pelanggan, memahami peraturan keprotokolan, serta menerapkan kegiatan keprotokolan.

 

Itu beberapa capaian pembelajaran jurusan MPLB, semoga bermanfaat.

Salam Merdeka Mengajar.


#MPLB #MERDEKAMENGAJAR #KURIKULUMMERDEKA

Related

newsticker 7617168850769650136

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item