3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 3.3.a.7. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK 
PADA MURID

PENGUATAN MATERI PRODUKTIF PERKANTORAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MURID



DASAR FILOSOFI KHD
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN
Benalar kritis. Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN
Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya

PRAKARSA PERUBAHAN
Program penguatan materi produktif perkantoran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid

TAHAPAN 1 B-uat pertanyaan utama (Define)

  • Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;
  • Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan
PERTANYAAN
Bagaimana kita dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid dalam menguatkan materi produktif perkantoran yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
  • Diskusi bersama bapak kepala sekolah/rekan guru bagaimana program penguatan materi produktif perkantoran bisa berhasil
  • Dialog dengan rekan guru mengidentifikasi interaksi antara pengajar guru produktif perkantoran
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
  • Melakukan sesi dialog dengan perwakilan kelas jurusan OTKP untuk menguatkan ide di tahap awal ini
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
  • Murid-murid
  • Rekan guru prduktif perkantoran
  • Kepala sekolah
WAKTU YANG DIPERLUKAN
  • 2 hari
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
  • CGP sendiri

TAHAPAN 2 A-mbil pelajaran (Discover)

  • Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;
  • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur
PERTANYAAN
  • Aktivitas apa saja yang menarik minat pada materi produktif perkantoran selama ini?
  • Apa yang murid sukai ketika berinteraksi dengan guru pengajar produktif perkantoran?
  • Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan interaksi antara guru dan murid?
  • Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung penguatan materi produktif perkantoran ?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
  • Survei minat terkait mapel produktif perkantoran pada orang tua dan murid
  • Wali kelas sebagai penanggung jawab kelas memberikan  'pertanyaan' (yg telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
  • Curah pendapat bersama lebih banyak murid dikelas jurusan otkp untuk mengetahui program penguatan materi produktif perkantoran yang menarik selama ini sekaligus momen-momen yang selama ini dapat menguatkan relasi antar kelas maupun dengan guru pengajar.
  • Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui momen-momen yang selama ini dapat menguatkan materi produktif perkantoran.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
  • Guru produktif perkantoran yang kompeten
  • Orangtua murid
  • Murid-murid
  • Waktu
  • Kebijakan sekolah
  • Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung peningkatan kompetensi murid
WAKTU YANG DIPERLUKAN
  • 1 minggu
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
  • CGP dan Wali kelas

TAHAPAN 3 G-ali mimpi (Dream)

  • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;
  • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).
PERTANYAAN
  • Seperti apa bentuk kegiatan penguatan materi produktif yang menyenangkan sekaligus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan murid terhadapat materi produktif perkantoran?
  • Apa dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
  • Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiapkelas membahas mimpi dan dampaknya dalam program ini
  • Menyediakan ruang dialog untuk guru produktif perkantoran, kepala sekolah, orang tua perwakilan kelas membahas jawaban-jawaban murid
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
  • Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak murid dan guru produktif tentang program yang dapat meningkatkan minat pada penguatan materi produktif perkantoran sekaligus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan murid pada materi produktif perkantoran.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
  • Guru produktif perkantoran yang kompeten
  • Orangtua murid
  • Murid-murid
  • Waktu
  • Kebijakan sekolah
  • Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung peningkatan kompetensi murid
WAKTU YANG DIPERLUKAN
  • 1 minggu
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
  • CGP dan Wali kelas

TAHAPAN 4 J-abarkan rencana (Design)

  • Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;
  • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran)
PERTANYAAN
  • Kebijakan sekolah seperti apa yang sekarang sudah ada (maupun yang belum ada) sehingga dapat menguatkan program ini?
  • Bagaimana program ini dapat masuk dalam jadwal keseharian di sekolah secara rutin?
  • Sistem seperti apa yang sudah baik selama ini dalam menguatkan materi produktif perkantoran?
  • Bagaimana kita mengetahui minat murid dalam prorgram penguatan materi produktif ini meningkat?
  • Bagaimana kita mengetahui interaksi antar guru dan murid menguat?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
  • Musyawarah-musyawarah kerja dengan melibatkan: murid, guru produktif perkantoran, orangtua perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung peningkatan minat pada program penguatan materi produktif perkantoran, antara lain seperti:Pengelolaan alur komunikasi dan penentuan keputusan, Pengelolaan atau pembagian materi pada guru produktif perkantoran.3. Penentuan kebijakan yang mendukung.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
  • Komitmen dari murid disini sangat penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
  • Guru Produktif perkantoran yang kompeten 
  • Orang tua murid 
  • Murid-murid 
  • Waktu 
  • Kebijakan sekolah 
  • Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung peningkatan kompetensi murid
WAKTU YANG DIPERLUKAN
  • 1-2 minggu
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
  • CGP, Wali kelas dan Murid yang mewakili kelasnya

TAHAPAN 5 A-tur eksekusi (Deliver)

  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;
  • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi)
PERTANYAAN
  • Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab melakukan monitoring agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?
  • Siapa yang dapat diajak mencari cara dan terlibat untuk melakukan penguatan materi produktif perkantoran?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
  • Membentuk kelompok kerja (Pokja) yang akan mengelola dukungan untuk peningkatan minat pada program penguatan materi produktif perkantoran
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
  • Menyediakan 'kursi' untuk murid duduk di dalam Pokja yang meningkatkan minat pada program penguatan materi produktif perkantoran di sekolah sehingga bisa mendorong dan memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan keputusan
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
  • Guru Produktif perkantoran yang kompeten 
  • Orangtua murid 
  • Murid-murid 
  • Waktu 
  • Kebijakan sekolah 
  • Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung peningkatan kompetensi murid
WAKTU YANG DIPERLUKAN
  • 1-2 minggu
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
  • CGP, Wali kelas, Guru produktif perkantoran dan Murid yang mewakili kelasnya

Oleh : Akhmad Syafi'i, S.Pd.,Gr _ Calon Guru Penggerak _ SMK Negeri 1 Kraksaan _ Kabupaten Probolinggo

#demonstrasikentekstual #programyangberdampakpadamurid #gurupenggerak




Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item