1.4.A.10.1 AKSI NYATA - BUDAYA POSITIF - AKHMAD SYAFI'I

1.4.A.10.1 AKSI NYATA - BUDAYA POSITIF
MENERAPKAN BUDAYA POSITIF SIAP KERJA BAGI SISWA
Latar Belakang
Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang membentuk lulusan yang siap kerja, namun demikian masih banyak siswa yang masih kurang percaya diri atau takut terjun langsung dalam dunia kerja.
Maka Dari itu diperlukan pembinaan secara khusus sehingga siswa memiliki budaya siap kerja setelah lulus nanti.
Tujuan Aksi Nyata
Ada beberapa tujuan dalam kegiatan aksi nyata ini adalah :
• Membentuk siswa yang aktif mencari sumber lowongan kerja
• Membentuk siswa yang percaya diri menghadapi dunia kerja
• Membentuk siswa yang memiliki kemampuan dalam perencanaan karir
• Membentuk siswa yang berdaya saing dalam menghadapi persaingan kerja
Tolak Ukur Aksi Nyata
Tolak ukur atau indikator dalam aksi nyata ini, adalah sebagai berikut :
• Siwa mampu mencari peluang kerja
• Siswa memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menghadapi dunia kerja
• Siswa mampu melakukan perencanaan karir sesuai dengan bakat dan minat masing-masing
• Siswa mampu bersaing dalam dunia kerja.
Lini Masa Yang Akan Dilakukan
Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan aksi nyata ini adalah :
• Konsultasi kerjasama dengan disnaker dan BLK untuk menambah wawasan kerja industri dan
dunia usaha
• Sosialisasi program kerja BKK kepada siswa
• Memberikan layanan informasi lowongan kerja di web BKK dan media
sosial
• Menyampaikan informasi peluang kerja di perusahaan
Dukungan Yang Dibutuhkan
Dalam kegiatan aksi nyata ini dukungan yang saya butuhkan baik itu dari segi bahan, alat dan tenaga
diantaranya, yaitu :
• Pihak eksternal dari disnaker dan BLK
• Bapak kepala sekolah selaku pengampu kebijakan
• Dukungan dari waka. Humas
• Dukungan dari tim IT BKK sebagai pengelola web BKK
• Ruang untuk menyampaikan informasi
• Laptop sebagai media presentasi
Kegiatan Aksi Nyata
Perasaan Selama Melakukan Aksi Nyata
• Antusias
Dengan melihat semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan, saya merasa sangat antusias berupaya memberikan yang terbaik bagi siswa
•
Tertantang
Melihat permasalahan siswa dalam mencari kerja saya sangat
tertantang untuk bisa memberikan solusi kepada siswa
•
Puas
Saya sangat merasa puas karena mendapat dukungan dari berbagai
pihak atas kegiatan yang saya lakukan dan kegiatan berlangsung dengan lancar
Ide Atau Gagasan Yang Muncul Sepanjang Proses
• Kegiatan serupa perlu dilaksanakan secara berkala atau periode tertentu
• Memaksimalkan media sebagai penunjang kegiatan seperti laptop, media meet dsb.
• Perlu adanya kerjasama dengan pemateri eksternal yang relevan dengan kegiatan
• Kegiatan bisa dilakukan dalam lingkung yang lebih besar
Pembelajaran Dan Pengalaman Dalam Bentuk Catatan Praktik Baik
• Tersedianya web bkk bisa mengoptimalkan kinerja BKK dalam memberikan pelayanan kepada siswa
• Potensi anak perlu dikembangkan sesuai dengan minat, bakat dan potensinya masing-masing
• Perlunya optimalisasi media sosial untuk memberikan informasi terupdate dalam dunia kerja
Foto Bercerita Dari Seluruh Rangkaian Pelaksanaan
Refleksi
·
- Budaya positif dilaksanakan secara kombinasi daring dan luring sesuai dengan kondisi saat ini
- Setelah mengikuti kegiatan siswa merasa lebih siap untuk terjun langsung dalam dunia kerja
- Setelah mengikuti kegiatan siswa bisa langsung mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan kerja
Testimoni
Terimakasih
Akhmad Syafi’i, S,Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 4
SMK Negeri 1 Kraksaan – Kabupaten Probolinggo
Luar biasa menginspirasi
BalasHapusMkasi bu wahyu tri anita
HapusLuar biasa
BalasHapusmakasi bu marliza
HapusSangat luar biasa, Pak.
BalasHapusTambahkan konsep inti budaya positif agar mengedukasi pembaca yang belum berkesempatan belajar.
Siyap. segera akan saya tambahkan. Terimakasih atas masukannya.
Hapus