Media Promosi Pemasaran

URAIAN MATERI 1. PROMOSI ONLINE A. ARTI DAN JENIS MEDIA PROMOSI ONLINE 1. Pengertian Promosi Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Pengertian promosi online adalah salah satu cara pemasaran atau strategi pemasaran produk paling efektif yang dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan juga internet. Sedangkan media promosi online adalah solusi pemasaran online yang dijadikan tempat untuk melakukan promosi ataupun pemasaran. Promosi atau pemasaran online adalah suatu aktivitas mempromosikan ataupun mengenalkan produk atau jasa dimana proses promosinya dilakukan secara online melalui media internet dan teknologi yang canggih. Tujuannya supaya proses pemasaran yang dilakukan bisa lebih efektif, baik dari segi waktu, biaya dan juga tenaga. 2. Jenis Media Promosi Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas. Lantas apa saja media online yang mantap untuk dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda, berikut ulasannya: a. Facebook Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk. Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik. b. Twitter Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini. Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya. c. Instagram Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda. d. Path Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar. e. Kaskus Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh. f. Google+ Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara. g. Market Place Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen. Contoh marketplace h. Blog Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan. i. Email Marketing Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan. j. Youtube Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar. B. BENTUK-BENTUK PROMOSI ONLINE Pintar dalam menggunakan media sosial untuk promosi - termasuk melakukan kontak dengan calon konsumen dan konsumen adalah kunci kesuksesan media online dalam memperluas jaringan dan akhirnya memperbesar keuntungan bisnis. Dekatkan diri Anda dengan masyarakat dengan cara menjadi teman bagi mereka, tidak hanya promosi namun juga bagikan informasi terkait dengan bisnis yang menjadi minat konsumen. Dengan seperti ini Anda tidak akan kesulitan lagi dalam mengiklankan produk dan mendapatkan konsumen. 1. Promosi Melalui sosial media Cara promosi online yang efektif pertama adalah promosi dengan menggunakan sosial media. Alasannya adalah karena saat ini sosial media sudah menjadi gaya hidup bahkan bagian dari hidup masyarakat. Dengan cara promosi online yang efektif di sosial media ini pada dasarnya sama dan bisa menggantikan cara-cara promosi offline. Bedanya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak media promosi seperti brosur, leaflet, spanduk atau bahkan baliho. Yang Anda butuhkan untuk promosi online hanyalah gambar digital dengan format JPG, GIF atau PNG yang bisa Anda buat secara gratis. Selain itu Anda juga butuh naskah iklan (copywriting/ adcopy) untuk memperkuat gambar Anda. 2. Promosi Melalui Media Search Engine Cara promosi online yang efektif kedua adalah dengan media search engine atau mesin pencari seperti Google, Bing ataupun Yahoo Search. Alasannya adalah manusia butuh informasi dan informasi itu kebanyakan tidak datang sendiri, melainkan datang dengan dicari. Maka dari itu keberadaan mesin pencari bisa menjadi solusi promosi online bagi ukm dan online shop sekaligus untuk pencari informasi terkait produk atau jasa. Search engine ini bisa kita posisikan sebagai orang yang serba tahu segala macam informasi. Ketika ada orang yang bertanya pada search engine, maka dengan cepat search engine akan memberikan banyak rekomendasi yang terbagi dalam beberapa halaman yang sering disebut sebagai Search Engine Result Page (SERP). Rekomendasi ini disusun oleh search engine berdasarkan konten dan konteks yang paling relevan, terbaru dan terpopuler. Urutan teratas dan paling depan dari SERP merupakan tempat yang paling bagus untuk mempromosikan produk dan saja dari UKM atau bisnis online. Untuk bisa mencapai posisi tersebut maka website atau halaman digital Anda haruslah memenuhi beberapa kriterian berikut ini : a. loading websitenya ringan dan cepat b. struktur datanya ramah dengan mesin pencari c. relevan dengan topik atau kata kunci yang dicari oleh orang lain d. kontennya selalu update e. ada banyak akun sosial media yang membagikan link website serta banyak website lainnya yang mem-backlink url kita. 3. Promosi Melalui Media Marketplace cara promosi online yang efektif ketiga adalah dengan menggunakan marketplace. Alasannya saat ini masyarakat sudah banyak yang teredukasi lewat marketplace karena gencarnya iklan di televisi. Mulai dari anak-anak hingga orang tua mungkin sudah mengetahui apa itu Tokopedia, Bukalapak maupun Shopee. Selain itu marketplace menawarkan pengalaman berbelanja online yang lain daripada toko online pada umumnya. Di marketplace banyak penjual sehingga pilihan untuk mendapatkan produk pilihannya lebih banyak dan harganya juga kompetitif. Dari segi keamanan transasksinya pun juga terjamin di marketplace. Maka tidak mengherankan apabila pengguna marketplace makin lama makin banyak. Berdasarkan fakta inilah marketplace bisa menjadi cara promosi online yang efektif untuk UKM dan bisnis online, terlepas dari segala kontroversinya. Analogi promosi online lewat marketplace Kalau kita analogikan marketplace itu adalah pasar. Tempat dimana penjual dan pembeli bertemu. Dipasar ada lapak untuk para penjual menggelar dagangannya. Di marketplace pun juga sama. Cuma bedanya pengguna marketplace bisa punya 2 peran sekaligus dalam 1 akun. Bisa sebagai pembeli saja, atau jika dia mau bisa juga menjadi penjual di marketplace. Kunci untuk berjualan sekaligus promosi online di marketplace ada beberapa, antara lain : a. harga jual b. tampilan produk c. reputasi d. lokasi dan posisi e. penawaran f. ongkos kirim g. dan kebijakan after sales (garansi, retur, dll) Namun pola cara promosi organik di marketplace ini juga hampir mirip dengan sosial media ataupun search engine. Perlu waktu yang cukup lama untuk bisa pecah telor dan membangun reputasi yang bagus di marketplace. Hal ini dikarenakan faktor harga jual yang murah saja tidak menjamin sukses promosi di marketplace. Ada banyak faktor yang menentukan terjadinya penjualan di marketplace.Maka dari itu, marketplace pun juga menawarkan jalan pintas dengan membuat fitur iklan. Jika di Tokopedia namanya TopAds, di Bukalapak namanya BukaIklan dan di Shopee namanya Iklanku. Itu semua bertujuan untuk mendapatkan posisi yang bagus di marketplace. Kalau kita kembali ke pasar sebagai analogi dari marketplace, lapak yang dekat dengan pintu masuk maka peluang terjadinya transaksi lebih tinggi daridapa yang jauh dari pintu masuk. dan sekali lagi, untuk bisa mendapatkan tempat yang startegis ini harus keluar uang yang lebih daripada membuka lapak tempat yang seadanya. 4. Promosi Melalui Media E-mail Cara promosi online yang efektif keempat adalah dengan menggunakan media email. Cara ini sering kita kenal sebagai email marketing atau pemasaran lewat email. Sebenarnya cara promosi online lewat email marketing ini sudah ada sejak lama. Hanya saja di Indonesia masih sedikit yang menggunakan email sebagai media promosi online. Namun memasuki tahun 2018 ini, sudah nampak pergerakan dari ukm dan online shop yang mulai menggunakan email marketing sebagai salah satu senjata promosi online. Cara penggunannya email marketing ini terbilang cukup mudah. Anda hanya tinggal berlangganan di layanan email marketing seperti KIRIM.EMAIL, membuat database email (list building) kemudian melakukan pengiriman email secara masal (broadcast) ataupun terjadwal (autoresponder). Sesederhana itu email marketing. Namun biarpun sederhana, promosi online dengan email marketing ini mempunyai konversi yang tinggi jika dibandingkan dengan media promosi online yang lainnya. Maka tidak mengherankan apabila diluar negeri email marketing menjadi primadona bagi para pebisnis maupun internet marketer. C. SYARAT PROMOSI ONLINE Melakukan promosi dalam berjualan produk atau jasa adalah hal yang harus dilakukan untuk menaikkan brand awareness dan tentu saja untuk menghasilkan keuntungan. Namun, terkadang cara promosi ini menjadi sesuatu hal yang sulit bila Anda tidak tahu bagaimana cara memulainya. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi. Supaya Anda tidak bingung, simak beberapa syarat berikut ini agar promosi yang Anda lakukan berhasil dan tidak sia-sia: 1. Perbanyak Calon Pembeli (Prospek) Syarat pertama jika ingin promosi Anda berhasil adalah memperbanyak calon pembeli. Kalau Anda berjualan secara online, Anda bisa memperbesar kolam prospek Anda, misalnya dengan memperbanyak kontak hp, WA, Instagram, dan lain-lain. Mengapa hal ini penting? Sederhana saja. Anda mau jualan sampai berbusa pun hasilnya tidak akan besar kalau Anda tidak punya leads (calon pembeli) yang banyak. Mau secanggih apapun kata-kata promosi Anda, hasilnya tetap tidak akan maksimal tanpa memiliki prospek yang banyak. 2. Gunakan Kata-Kata Persuasif dalam Promosi Kunci dari kekuatan promosi yang menjual terletak pada penggunaan kata-kata marketing yang persuasif. Namun, sering kali hal ini menjadi masalah bagi para pebisnis pemula. Sering kali ketika ingin membuat kata-kata promosi, biasanya kita kehilangan ide kata apa yang sekiranya menarik. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan Hypnotic Copywriting sebagai solusinya. Hypnotic Copywriting merupakan suatu konsep pemilihan kata-kata yang sengaja digunakan untuk mendorong calon konsumen untuk melakukan transaksi. Jika Anda sering melihat sebuah promosi dan Anda mudah terhanyut karena kata-katanya, kemungkinan besar si pembuat promosi tersebut menggunakan teknik hypnotic writing. 3. Membuat Judul Promosi yang Menarik Tahukah Anda? Tahap paling awal untuk membuat orang tertarik dengan promosi jualan Anda ada pada JUDUL PROMOSI yang Anda berikan. Hal inilah yang akan membuat orang tertarik untuk mencari tahu lebih jauh apa yang Anda tawarkan. 4. Kuasai Kalimat Copywriting Bagi beberapa orang pasti sudah sering mendengar istilah copywriting. Ya, copywriting sering dipakai dalam membuat iklan. Tapi lebih dari itu, copywriting bertujuan untuk menghasikan tulisan yang dapat menarik minat pembaca, dalam hal ini adalah calon pembeli. Copywriting sangatlah penting dalam dunia bisnis terutama saat membuat materi promosi, sebab penggunaan copywriting yang tepat dan menarik akan membuat materi promosi yang Anda buat menjadi lebih efektif. Di dalam konteks membuat promosi, copywriting menjadi salah satu syarat penting yag wajib digunakan jika ingin promosi yang Anda buat menjual. 5. Buat Penawaran yang Menarik (Hard Selling) Membuat susunan penawaran yang menarik menarik memang membutuhkan skill khusus yang perlu Anda latih. Salah satu kegiatan promosi yang menjual ada pada susunan kalimat penawaran yang tepat dan memiliki pola yang biasa Anda ikuti. Pola tersebut dimulai dari latar belakang, deskripsi produk, alasan mengapa harus membeli produk, hingga akhirnya dorongan untuk membeli (call to action). 6. Membuat Desain Promosi yang Menjual Mungkin beberapa orang berkata bahwa desain itu tidak penting, cukup fokus pada kata-katanya saja. Anggapan ini sebenarnya salah. Percaya atau tidak, kekuatan tampilan visual sangat mempengaruhi keberhasilan promosi yang kita lakukan. Oleh karena itu, Anda juga perlu menguasai cara membuat desain promosi yang menjual agar promosi yang Anda lakukan berhasil. Kekuatan desain promosi yang menjual tidak hanya berbicara tentang judul promosi dan kata-kata yang menarik saja, tetapi juga berbicara tentang bentuk gambar, desain, dan layout. Semuanya merupakan suatu kesatuan yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik saat membuat materi promosi. 7. Gunakan Teknik Closing Agar Makin Laris Teknik closing berperan untuk mendorong konsumen agar segera melakukan transaksi. Ada beberapa teknik closing yang bisa Anda terapkan, di antaranya melakukan penawaran dengan diskon yang menggoda, memberikan bonus yang berlimpah, penawaran dengan periode yang terbatas, penawaran free ongkir, produk terbatas, gratis layanan, penawaran besok harga naik, penawaran dengan memberi garansi, atau membuat penawaran saat momen hari khusus. Setelah Anda memastikan produk Anda memiliki kualitas yang baik, ciptakanlah strategi pemasaran yang baik dan efektif agar prosesnya dapat berjalan dinamis dan terkontrol. Bisa dikatakan, strategi pemasaran merupakan kunci keberhasilan penjualan suatu produk, akan tetapi kualitas produk juga tetap perlu diperhatikan karena menjadi poin penting dalam pemasaran tersebut. Promosi Anda tentunya akan lebih berhasil jika Anda mulai menggunakan website sebagai media promosi. Saat ini lebih banyak orang yang memilih belanja tanpa harus pergi keluar rumah. Website inilah yang akan membuat promosi bisnis Anda optimal. Bagi Anda yang belum memiliki website atau toko online, Anda bisa menggunakan Webpraktis untuk membuat website atau toko online dengan mudah dan murah. D. TAHAPAN DALAM PERENCANAAN PROMOSI 1. Pentingnya Promosi Promosi adalah satu hal terpenting dalam dunia bisnis . Mengapa? Karena promosi adalah satu-satunya cara untuk mengenalkan produk anda ke masyarakat dan calon pembeli yang potensial. Kalau anda tidak mempromosikan produk-produk kita, lalu bagaimana masyarakat dapat mengenali produk kita.? Banyak keuntungan yang diperoleh dengan berpromosi. Seperti, informasi produk akan tersebar kepada masyarakat, mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing, bahkan membantu mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen. 2. Tahapan Merencanakan Promosi Agar aktivitas promosi yang anda lakukan dapat berjalan efektif tentu diperlukan perencanaan promosi. Berikut adalah langkah -langkah yang dapat anda tempuh dalam merencanakan promosi: 1) Menentukan target pasar Menentukan segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang beragam adalah salah satu langkah yang biasa diambil oleh produsen untuk menghadapi persaingan. Dengan mengetahui target pasar secara jelas dan detil maka anda dapat membuat anggaran promosi yang efektif. 2) Tujuan promosi Menentukan tujuan dan apa yang ingin dicapai akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru. 3) Menentukan pesan Sebagai pengusaha anda harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan konsumen anda. Untuk itu anda harus menentukan pesan apa yang ingin disampaikan untuk mendukung kegiatan promosi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target market anda serta membuat pesan yang menarik, rasional, dan informatif. 4) Media Pilihlah media yang sesuai dengan target pasar anda. Penggunaan media sosial akan sangat membantu dalam hal distribusi informasi yang lebih luas. Namun anda tetap harus fokus pada pasar yang anda tuju, kenali perilaku konsumen, dan tentukan media yang sesuai. 5) Membuat anggaran Membuat anggaran promosi hendaklah mempertimbangkan goal yang ingin anda capai, bagaimana mencapainya, kemudian baru membuat anggaran. Besaran anggaran yang dibuat juga tergantung pada pemilihan media yang anda gunakan. 6) Pengukuran efektivitas promosi Banyak pelaku usaha yang seringkali melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan. Padahal ini penting untuk mereview efektivitas kegiatan promosi. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan riset brand awareness atau mengukur impact digital marketing dalam mendongkrak penjualan. E. KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN PROMOSI SECARA ONLINE Pemasaran online adalah kegiatan dalam menjual produk atau jasa melalui jaringan digital, seperti jaringan internet maupun telepon. Sedangkan e-marketing adalah penggunaan aplikasi elektronik dalam rangka untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep promosi, distribusi, menentukan harga untuk menciptakan pertukaran informasi yang dapat memuaskan individu atau organisasi.Setelah melihat – lihat media promosi secara online , kita bisa mengetahui beberapa Keuntungan dan Kelemahan promosi secara online. Hal ini bisa menjadi pertimbangan dan bisa menjadi landasan membuat suatu strategi yang pas dan tepat. keuntungan dan kerugian yang bisa di dapatkan dari pemasaran secara Online : 1. Keuntungan 1) Tidak memerlukan biaya yang besar , cukup bayar biaya bulanan internet. 2) Jangkauan pemasaran lebih luas 3) Tidak terikat waktu , kapan saja kita mau promosi kita sendiri yang akan menetukan 4) Bisa menghemat waktu dan biaya 2. Kerugihan / Kelemahan pemasaran Online. 1) Kepercayaan konsumen lebih kecil , karena merasa takut tertipu dengan membeli secara online 2) Produk terlihat tidak nyata , karena produk yang di tawarkan berupa foto / diskripsi detail produk tersebut . 3) Kredibilitas dari bisnis yang di jalankan. dari beberapa keuntungan dan kelemahan dari pemasaran bisnis online tersebut makan bisa disimpulkan , bahwasanya menjalakan suatu bisnis online butuh suatu stretegi pemasaran yang lebih baik dari bisnis offline. Kita harus membangun kredibilitas terlebih dahulu , dengan membangun kepercayaan dari konsumen maka akan memudahkan kita meningkatkan penjualan. Karena pada saat ini banyak masyarakat memilih membeli / menjual secara online , namun tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban penipuan F. TAHAPAN DALAM PERENCANAAN PROMOSI Akhir-akhir ini bisnis online banyak digemari oleh banyak kalangan, baik itu sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utamanya. Dan semakin banyaknya pelaku bisnis online saat ini, maka pastinya semakin meningkat pula persaingan. Sehingga tak sedikit, pelaku bisnis online yang akhirnya menyerah dan gulung tikar tidak mampu bersaing dengan para rivalnya. Namun tentunya tak sedikit pula yang mencapai kesuksesan dan mendapatkan banyak keuntungan dari usaha ini. Cara Menghadapi Persaingan dalam Berbisnis Online. Nah, berikut ini telah kami rangkum cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online yang sebaiknya anda jadikan sebagai acuan/masukan, terutama buat anda yang saat ini merasa kesulitan dalam bersaing di bisnis ini. 1. Janganlah Cepat Puas Dalam berbisnis, hal yang hal harus dihindari yaitu ‘rasa cepat puas’. Rasa cepat puas dengan apa yang Anda peroleh, dapat menyebabkan Anda menjadi malas berkembang dengan hal-hal baru. Anda boleh merasa senang dengan hasil yang Anda dapatkan dalam bentuk rasa syukur, namun jangan langsung merasa cepat puas sehingga tidak mau mengembangkan hal-hal baru. 2. Menambah Kualitas Produk Kualitas produk menjadi hal yang penting untuk menjaga kelangsungan bisnis yang Anda jalankan. Banyaknya bisnis online yang mulai bermunculan telah menyiapkan produk-produk kualitas mereka. Oleh sebab itu, Anda juga harus selalu melakukan update kualitas terhadap produk yang Anda jual. Sehingga Anda tidak akan kehilangan pelanggan, meskipun telah banyak bisnis online yang bermunculan bahkan dengan jenis bisnis yang sama. 3. Feature Product tidak sama Cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online selanjutnya yaitu dengan memberikan 􀄆tur produk yang berbeda dari yang lain. Buatlah sesuatu yang istimewa dari produk yang Anda jual, sehingga orang lebih memilih produk Anda daripada yang lain. Sebagai contoh handphone Nokia, meskipun telah banyak smartphone Android yang lebih canggih, namun sebagian masyarakat masih setia dengan produk Nokia karena memiliki spsesi􀄆kasi produk yang tangguh. 4. Sarana, Pelayanan dan Kenyamanan bagi Konsumen Meskipun dilakukan secara online, namun memberikan sarana, pelayanan dan kenyamanan kepada konsumen merupakan salah satu cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online. Mengapa demikian? Karena masyarakat tentu lebih nyaman berbelanja di tempat yang memberikan pelayanan yang baik dengan sarana yang lengkap, baik secara online maupun langsung. Karena ini bisnis online, maka untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan memanfaatkan sarana komunikasi melalui sosial media. Rajinlah menjawab dan menanggapi pertanyaanpertanyaan publik yang diajukan di sosial media maupun blog atau website. Perlakukan bahwa “pembeli adalah raja” yang harus dilayani dengan baik. 5. Produk Unggulan Cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online yang tak kalah penting yaitu menarik dan mendapatkan banyak pelanggan dengan produk unggulan yang tidak dimiliki para pesaing. Cermati produk pesaing, dan bandingkan dengan produk yang Anda jual. Lalu, lihatlah produk apa yang tidak dimiliki para pesaing, dengan begitu Anda bisa menyiapkan produk unggulan yang hanya diproduksi pada bisnis yang Anda jalankan. 6. Harga Murah Dalam berbisnis, Anda juga perlu melihat sasaran konsumen dari bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, sasaran konsumen Anda yaitu menengah ke bawah, maka banderol harga produk pun harus sesuai dengan kemampuan mereka membeli. Anda bisa menerapkan harga yang relative murah namun dengan kualitas produk yang tidak murahan. Menerapkan harga murah dapat dijadikan alat menarik pelanggan dan menghadapi persaingan. 7. Terapkan Bonus Nah, cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online yang terakhir yaitu memberikan bonus kepada pelanggan yang banyak melakukan transaksi dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu mereka akan tetap menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Itulah 7 cara menghadapi persaingan dalam berbisnis online yang bisa Anda terapkan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Yang terpenting tetaplah tekun melakukan inovasi-inovasi baru dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan untuk menghadapi persaingan. Jangan menyerah, dan tetap semangat. G. PENGERTIAN DAN FUNGSI MS. PUBLISHER 1. Pengertian Microsoft Publisher Pengertian Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft o􀂨ce yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain lain. Kenapa menggunakan microsoft publisher ? bukannya kita bisa juga menggunakan ms word dan ms powerpoint ? Kita memang bisa membuat majalah menggunakan ms word, dan kita juga bisa membuat kartu ucapan dengan menggunakan microsoft powerpoint. Tapi 􀂦tur yang ditawarkan tidaklah lengkap karena memang aplikasi tadi tidak dikhususkan untuk dekstop publishing. Berbeda dengan Microsoft Publisher yang dari namanya saja sudah jelas, publisher(penerbit). Aplikasi ini memang dikhususkan untuk kegiatan desktop publishing., sudah tersedia berbagai macam template. Sehingga bila kita ingin membuat suatu karya, hanya tinggal memilih template yang sudah dis Dalam aplikasi Microsoft publisher ediakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kemauan kita. Tidak banyak orang yang menggunakan Ms Publiser. Padahal aplikasi ini memiliki banyak manfaat, kita ambil contoh salah satunya yaitu membuat mading (majalah dinding). Saya sering menjumpai mading yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menulisnya di kertas binder lalu ditempel, atau dengan memotong sebagian berita di koran/majalah. Padahal jika menggunakan Ms Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya lebih mudah dan praktis karena Ms Publisher memiliki banyak template. Saat ini, versi terbaru dari microsoft publisher adalah microsoft publisher 2013, sebagai penerus dari versi sebelumnya yaitu ms publisher 2010 dan ms publisher 2007. 2. Fungsi Microsoft Publisher Fungsi atau kegunaan microsoft publisher adalah 1) Untuk membuat majalah 2) Untuk membuat kalender 3) Untuk membuat mading 4) Untuk membuat kartu ucapan 5) Untuk membuat brosur 6) Untuk membuat poster 7) Untuk membuat karya desktop publishing Masih banyak lagi manfaat ms publisher, tapi intinya adalah untuk membuat segala karya desktop publishing. 3. Kelebihan Microsoft Publisher Ini dia beberapa keuntungan Ms Publisher. keunggulan ms publisher. 1) Dapat Membuat Karya Desktop Publishing dengan mudah 2) Tersedia berbagai macam template 3) Tersedia berbagai macam efek untuk mengedit gambar 4) Karya dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format 5) Karya dapat dikirim lewat email atau diconvert menjadi HTML 6) Karya yang dibuat dapat langsung disimpan di online storage dan dapat diakses kapan saja dimana saja 4. Kelemahan Microsoft Publisher Ini dia kekurangan Ms Publisher Tidak gratis. Jika sobat mendapatkannya secara gratis, dapat dipastikan itu adalah produk bajakan 2.PEMASARAN ONLINE A. PENGERTIAN PEMASARAN ONLINE Pemasaran online merupakan praktik memanfaatkan saluran berbasis web untuk menyebarkan pesan tentang merk, produk, atau layanan perusahaan kepada calon pelanggannya. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online termasuk email, media sosial, periklanan tampilan, optimalisasi mesin pencari, dan banyak lagi. Dimana tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau calon pelanggan melalui saluran dimana mereka menghabiskan waktu untuk membaca, mencari, berbelanja, atau bersosialisasi secara online. Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. B. KEUNTUNGAN PEMASARAN ONLINE 1. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana Kita tidak perlu memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog atau daftar barang serta deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Kita juga tidak perlu memiliki banyak karyawan penjual, kita hanya perlu karyawan yang menangai pemesanan secara online dan karyawan yang menangani pengiriman barang. 2. Kemudahan Mengelola Barang JIka kita menjual barang secara online dengan menggunakan website sendiri, sistem manajemen situs menyediakan sistem pengelolaan barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah melihat stok barang. Kita juga dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini akan mempermudah kita mengelola barang dagangan. 3. Pelayanan Lebih Fokus Kita tidak perlu khawatir bahwa banyak pelanggan yang tidak terlayani. Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian. 4. Riset Pasar Lebih Mudah Berjualan melalui situs online membantu kita melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati misalnya dengan melihat kata kunci yang mereka cari di situs anda. Hal ini akan membantu anda merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 5. Biaya Pemasaran Murah Biaya pemasaran di internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website pihak lain melalui agen pemasaran online. Kita bahkan bisa memanfaatkan website atau blog secara gratis di situs-situs tertentu. 6. Kemudahan Memilih Target Pasar Kita dapat memawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau atau media sosial. Kita juga dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini membantu kita memilih target pasar yang potensial. 7. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu Internet tersedia untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi situs tempat kita memasarkan produk anda kapanpun dan dimanapun selama mereka mendapatkan akses internet. C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PEMASARAN ONLINE 1. KELEBIHAN PEMASARAN ONLINE a. Murah dan efisien Untuk dapat membuka toko secara fisik akan membutuhkan modal jutaan rupiah, hal ini berbeda dengan modal yang diperlukan untuk membuat toko online hanya ratusan ribu rupiah, bahkan saat ini sudah banyak fasilitas di internet yang dapat kita manfaatkan untuk membuka toko online dengan gratis. Selain itu biaya operasional toko online hanya pada biaya akses internet tanpa perlu karyawan. b. Pemasaran online melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen kapan saja selama ada jaringan internet. c. Pemasaran online melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, produk dapat diinformasikan hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri. d. Dengan memakai strategi pemasaran online melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada. e. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran online melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll. f. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui kotak saran atau ruang komentar, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen juga dapat meningkat. 2. KEKURANGAN PEMASARAN ONLINE Walaupun pemasaran online memiliki banyak keuntungan seperti yang telah disebutkan di atas, pemasaran online juga memiliki kekurangan, yaitu: a. Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet. b. Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapat menjadi hambatan c. Konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian. d. Adanya penipuan dalam penjualan secara online D. JENIS PEMASARAN ONLINE 1. Viral Marketing Pengertian viral marketing adalah proses penyebaran sebuah pesan elektronik yang menjadi saluran untuk memberikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Viral marketing berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak seperti cara kerja sebuah virus komputer. Karena itulah di dalam penggunaannya, viral marketing memerlukan koneksi jaringan internet. Viral marketing berfungsi untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan. Viral marketing sendiri sebenarnya mirip dengan strategi marketing dari mulut ke mulut, atau yang biasa disebut dengan word of mouth. Cara ini cukup efektif, mengingat kebanyakan masyarakat lebih mempercayai sebuah produk yang direkomendasikan dari teman atau orang terdekat lainnya. Media yang dapat digunakan seperti video/gambar yang disebarluaskan melalui email, media sosial,website,dll 2. Word of Mouth Marketing Word of mouth (WOM) atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik. WOM bisa memberikan input yang cukup berharga bagi suatu merek karena sering kali WOM adalah opini yang paling jujur dan apa adanya dari konsumen. Respons yang dilakukan bisa jadi cukup signifikan, seperti mencoba mengubah image atau mereposisi dirinya, mengadakan perubahan pada produk dasar atau memperkenalkan produk baru, mengubah service atau customer support-nya kepada pelanggan setelah penjualan, sampai mengomunikasikan secara langsung kepada pelanggan tentang bukti mengenai performa mereka yang superior. Promosi WOM yang berasal dari orang lain yang dipercaya oleh seorang pelanggan dapat menjadi “berkah” tersendiri bagi para marketer. Hampir setiap organisasi mengetahui benar value dan dampak yang dapat ditimbulkan promosi dari pihak lain yang sudah sangat dipercaya oleh pelanggan. 3. Buzz Marketing Promosi perusahaan atau produk dan layanan melalui inisiatif tersusun dan dirancang untuk mendapatkan orang-orang dan media berbicara positif tentang perusahaan, produk atau layanan. Dan usaha dalam menciptakan kondisi supaya layanan, produk, perusahaan atau apapun yang akan di launching menjadi bahan perbincangan banyak orang. Buzz marketing tidak mungkin bisa terjadi dengan sendirinya, pasti ada teknik yang digunakan untuk menciptakannya. Kunci utamanya adalah apakah produk atau jasa yang Anda miliki bisa menarik konsumen sehingga banyak orang yang membicarakannya? Kurang lebih seperti itulah kunci utama dalam menciptakan buzz marketing. Kelebihan Buzz Marketing: a. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat buzz marketing tergolong murah. b. Buzz marketing lebih mudah menaikkan nama brand. c. Buzz marketing menjadikan produk atau jasa lebih mudah dikenal orang, sehingga penjualan bisa meningkat. d. Dengan Internet, buzz marketing lebih mudah terjadi. 4. Connected Marketing Kunci dari connected marketing adalah “Stay in touch with customer”. Memberikan informasi-informasi terkait produk pada customer, untuk kemudian menggali informasi tentang respon dan pendapat lain dari customer maupun pihak-pihak lain yang termasuk dalam rantai distribusi (supply chain). Media yang sering digunakan bisa bermacam-macam, sebelum ada Youtube, Instagram, FB, dll digunakan telepon customer service/care dan sejenisnya. Keuntungan yang didapat adalah sebagai tolak ukur penerimaan pengguna akhir (end user) terhadap produk yang dijual. Selain itu bisa digunakan sebagai data penunjang dalam proses pengembangan produk. D. KOMPONEN PEMASARAN ONLINE 1. Email Marketing Saat ini banyak para marketer melakukan pemasaran mengenai produknya secara online di internet melalui email dan itu ternyata bisa menjadi andalan. Email marketing ini cara kerjanya dengan mengirimkan email kepada orang secara bersamaan yang berisi mengenai produknya. 2. Website Contoh website pemasaran online Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink. Pada umumnya tujuan pembuatan website untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyakbanyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan. Karena perkembangan teknologi saat ini yang mengakibatkan perubahan dalam pemasaran suatu produk dan website menjadi media terpopuler dalam mempromosikan produk. Dimana website ini berisi kumpulan halaman yang saling berkaitan mengenai produk itu sendiri. 3. Video Marketing Saat ini kebanyakan orang lebih menyukai visual atau melihat langsung dan didengar langsung, membuat video marketing juga merupakan strategi para marketer dalam memasarkan produknya secara online. Buatlah sebuah video yang menarik mengenai produk kamu dan unggah ke situs sharing yang terkenal agar dilihat oleh banyak orang. 4. Sosial Media Marketing Sosial Media adalah hal yang tidak asing lagi saat ini. Beragam sosial media yang ada saat ini ternyata menjadi hal yang positif untuk memasarkan suatu produk yang dimiliki para marketer. Kita bisa mengunggah gambar, video marketing yang kita buat ke media sosial agar dilihat oleh banyak orang. Saat ini hampir seluruh para pengguna internet mempunyai akun pada situs media sosial contohnya seperti Facebook, Google Plus, Instagram, Twitter, dan banyak lagi. Media sosial dari situs tersebut sudah mencapai puluhan bahkan mungkin ada yang sudah ribuan juta. Pasar yang potensial untuk para plaku bisnis internet yang cerdik untuk menjual produk mereka dengan cara memasarkan lewat media sosial tersebut. Untuk itu cara yang paling umum yang dilakukan para internet marketer adalah dengan membuat suatu grup, halaman atau akun yang berdasarkan pada jenis thema bisnis yang di akan mereka jual 5. Partnership Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. 6. Search Engine Marketing Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu. Google menjadi rujukan pencarian di internet, mencari perusahaan, produk, brand, atau kata-kata. Kunci penting terkait produk sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website. Komponen ini adalah bagaimana caranya agar produk anda berada di halaman teratas google atau yahoo. Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs Anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo. Kebanyakan Orang para pengguna internet mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo. sesuai dengan kata kunci yang dia mau. Pada dasarnya orang yang menggunakan internet hanya akan mengklik link yang paling atas dari semua hasil pencarian nya atau bahkan link yang ada pada rangking pertama saja. Dan Salah satu cara ini disebut dengan istilah tekhnik SEO (Search Engine Optimization). Supaya blog anda dapat tampil di halaman depan, maka optimasi terhadap blog wajib dilakukan agar strategi pemasaran dapat menjadi sukses. E. STRATEGI PEMASARAN ONLINE 3.PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL A. PENGERTIAN MEDIA SOSIAL Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sosial media atau Situs jejaring sosial adalah tempat seseorang untuk berinteraksi dan membangun hubungan pertemanan dengan orang lain di dunia maya. Ketika sebuah perusahaan membuat akun melalui situs ini, konsumen dapat berinteraksi secara langsung dengan perusahaan tersebut. Interaksi ini akan terasa lebih intim ketimbang metode lama, seperti komunikasi pemasaran & iklan di media konvensional. Di era digital ini, setiap bisnis membutuhkan inovasi dalam pemasaran digital (digital marketing). Salah satunya melalui pemasaran media sosial (social Media Marketing). Pemasaran media sosial atau social media marketing adalah salah satu cara memasarkan dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, Youtube,dll. Pemasaran media sosial memberikan alternative carabagi bisnis/perusahaan untuk menjangkau pelanggan baru, terlibat dengan pelanggan yang ada, dan mempromosikan budaya, misi, atau produk perusahaan. B. MANFAAT MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN a. Mengenal pelanggan lebih dekat Sosial media membuat proses pemasaran menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Dengan target konsumen yang tepat diharapkan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah Anda lakukan. b. Dapat mengetahui feedback postif atau negative tentang produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, jika Anda meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Dengan adanya kolom komentar misalnya, konsumen bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk/layanan Anda. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Anda bisa terlihat dengan jelas. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis Anda. c. Membantu menemukan konsumen baru dan memperluas target pasar Sosial media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Instagram. Selanjutnya Anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan fitur location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Anda. Lalu untuk mencari konsumen, seperti sebelumnya Anda bisa memanfaatkan #hashtags yang terkait dengan bisnis anda, kemudian gunakan untuk menemukan calon konsumen yang sesuai. C. APLIKASI PENUNJANG PEMBUATAN MEDIA PROMOSI/PEMASARAN ONLINE 1. CANVA Jika anda ingin membuat desain yang keren dari awal dalam waktu singkat, rangkaian fitur Canva ini sangat tepat digunakan. Terutama bagi para wirausahawan yang sedang merintis usahanya dan masih awam membuat desain atau konten visual yang menarik. Dengan kehadiran website desain online gratis ini, membuat konten visual yang unik dan menarik tidak lagi jadi kesulitan walaupun kita tidak memahami seluk beluk ilmu desain grafis. Meski terbilang masih baru, aplikasi Canva sudah mulai dikenal luas karena prosedur penggunaannya yang sangat praktis dan jenis desain konten visual yang beranekaragam. Kalau kita tidak bisa membuat desain dari sketsa awal, Canva sudah menyiapkan jutaan clip art atau foto-foto yang keren dan artistik. Tinggal mencari konten visual sesuai dengan kategori gambar yang sudah dikelompokkan oleh Canva, membuat ilustrasi atau posting gambar di media sosial jadi makin mudah dan mengasyikkan. Kita bisa memilih foto atau clip art yang kita butuhkan, baik yang berbayar maupun yang gratis. Aplikasi canva dapat digunakan untuk membuat poster, logo, sampul facebook, kiriman twitter, kiriman Instagram, presentasi, selebaran, kartu nama, resume, kolase foto, brosur, undangan, wallpaper desktop, sampul buku, sertifikat, menu, kop surat, sampul majalah, label,dll KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CANVA Kelebihan Canva • Canva tidak perlu di instal di komputer karena berbasis aplikasi web. • Canva mendukung bahasa jawa, sunda, Indonesia, dan lain-lain. • Tampilan Canva sangat sederhana namun user friendly. • Mudah di gunakan oleh siapapun karena adanya fitur drag and drop. • Tersedia berbagai font dan template yang menarik. • Hasil project desain dapat di download dan di simpan dalam berbagai format (JPG,PNG,PDF,dll). • User atau pengguna Canva dapat membagikan hasil karya mereka serta melakukan kolaborasi dengan tim atau desainer lainnya dalam hal menghasilkan desain yang lebih menarik dan profesional. Kekurangan Canva • Canva membutuhkan koneksi internet untuk dapat digunakan. • Di butuhkan biaya 1$/project untuk dapat mendownload atau menyimpan file Canva ke komputer untuk penggunaan layout atau back ground premium. LANGKAH-LANGKAH CARA MENGGUNAKAN CANVA: 1. DAFTAR AKUN DI CANVA a) Buka situs Canva www.canva.com atau download aplikasi canva pada app store di smartphone anda b) Kemudian akan muncuk tampilan seperti gambar dibawah: c) Selanjutnya silahkan sign up. Anda bisa signup dengan facebook, dengan google plus atau bisa juga dengan membuat akun mandiri. d) Setelah pendaftaran akun berhasil biasanya anda akan langsung bisa masuk ke dashboar Canva. Tampilannya adalah sebagai berikut: 2. PILIH DESAIN Untuk memulai mendesain, klik ‘Buat Desain’ pada kolom kiri atas dan pilih desain menu yang diinginkan. Pada dashboard akun terdapat pilihan desain yang sudah disediakan diantaranya poster, logo, sampul facebook, kiriman twitter, kiriman Instagram, presentasi, selebaran, kartu nama, resume, kolase foto, brosur, undangan, wallpaper desktop, sampul buku, sertifikat, menu, kop surat, sampul majalah, label,dll. Pilih dengan cara klik salah satu desain yang ingin anda buat. 3. EDITING Setelah memilih desain, anda akan diarahkan pada panel editor. Di bagian tersebut terdapat beberapa tool editing yang bisa digunakan untuk membuat desain seperti layout, element, text, background dan menu untuk upload foto. 4. DOWNLOAD Setelah selesai mengedit/membuat desain, anda bisa langsung mengunduhnya atau bisa juga langsung share ke social media. Tapi perlu di ingat, ada beberapa layout berbayar dan ada juga yang gratis, jika menggunakan layout atau background yang berbayar dari canva kita akan dikenakan biaya $1 untuk bisa mendownload nya. Namun, jika menggunakan foto sendiri tentu saja tidak dikenakan biaya. Klik icon atau unduh untuk mengunduh hasil desain anda Pilih jenis File yang di inginkan (PNG, JPG, PDF,dll) Klik ‘unduh draft dengan watermark’ untuk mendapatkan hasil editing secara gratis. (File akan tersimpan dalam bentuk zip. File) RANGKUMAN 1. pemasaran online (e-marketing) adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik. 2. Keuntungan pemasaran online antara lain: 1) Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana; 2) Kemudahan mengelola barang; 3) Pelayanan lebih fokus; 4) Riset pasar lebih mudah; 5) Biaya pemasaran murah; 6) Kemudahan memilih target pasar; 6) Tidak terbatas ruang dan waktu 3. Terdapat 4 jenis tipe pemasaran yang sering dikerjakan dalam mendukung pemasaran secara online, yaitu: Viral marketing, Word of Mouth Marketing, Buzz Marketing, Connected Marketing 4. Komponen pemasaran online terdiri dari: Content marketing, search email marketing, website, video marketing, social media marketing, partnership, search engine marketing 5. Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. 6. Manfaat media sosial untuk pemasaran antara lain: Mengenal pelanggan lebih dekat, dapat mengetahui feedback positif dan negative tentang produk yang ditawarkan, Membantu menemukan konsumen baru dan memperluas target pasar MUATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK TUGAS MANDIRI Kerjakan tugas berikut ini secara mandiri! 1. Jelaskan perbedaan dari pemasaran offline dan online? …………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………. 2. Jelaskan apasaja media sosial yang sering digunakan saat ini …………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………. EVALUASI Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar 1. pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik disebut dengan…. a. Pemasaran konfensional b. Pemasaran online c. Penjualan praktis d. Penjualan offline e. Instagram Alasan: ……………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………….. 2. Kita tidak perlu khawatir bahwa banyak pelanggan yang tidak terlayani. Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian. Merupakan salah satu keuntungan dari pemasaran online… a. Organisasi lebih mudah dan sederhana b. Kemudahan mengelola barang c. Pelayanan lebih fokus d. Riset pasar lebih mudah e. Biaya pemasaran murah Alasan: ……………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………….. 3. Promosi dari mulut ke mulut biasa disebut dengan…. a. Buzz Marketing b. Word of Mouth Marketing c. Viral marketing d. Connected Marketing e. Email marketing Alasan: ……………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………….. 4. salah satu cara memasarkan produk dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, Youtube disebut dengan… a. Buzz Marketing b. Word of Mouth Marketing c. Viral marketing d. Connected Marketing e. Social media Marketing Alasan: ……………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………….. 5. Berikut yang dapat dibuat dengan bantuan aplikasi canva adalah…. a. Undangan pernikahan b. Kolase foto c. Kartu ulang tahun d. Poster e. Semua benar Alasan: ……………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………….. KUNCI JAWABAN 1. B 2. C 3. B 4. E 5. E (Bobot Skor untuk soal pilihan ganda masing-masing 20) Skor Maksimal Pilihan ganda 100 DAFTAR PUSTAKA Yoeningsih,dkk. Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII. 2019. Bandung: HUP Ayuningsih, Ulfa R,dkk. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Seri HOTS. 2019. Surakarta: Mediatama Nirmala, Endar. Pemasaran Online. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas _10smk/Kelas_10_SMK_Pemasaran_Online_1.pdf. Online diakses pada tanggal 26 Agustus 2019 https://www.ronapresentasi.com/cara-menggunakan-aplikasi-canva-untuk membuat-desain-slide/. Online diakses pada tanggal 1 September 2019 https://www.maxmanroe.com/canva-software-online-untuk-editing-grafis-secara-mudah-dan-lengkap.html. Online diakses pada tanggal 1 September 2019 http://www.ibudigital.com/bagaimana-cara-membuat-desain-grafis-menggunakan-canva/. Online diakses pada tanggal 1 September 2019 https://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-sosial-media-bisnis/. Online diakses pada tanggal 1 September 2019 https://www.portalinvestasi.com/penjelasan-social-media-marketing-smm/. Online diakses pada tanggal 1 September 2019

Posting Komentar

  1. Casino - Bracket betting guide for your chance to win
    The Casino 나비효과 is a unique casino that 토토 has been around for over a decade. It has managed casino-roll.com to offer great septcasino games such as Blackjack, Roulette and Video Poker,

    BalasHapus
  2. Mysuru Casino - The HERZAMMAN
    Mysuru Casino - The Home of the Best of the Slots! Visit us to Play the herzamanindir best slots and enjoy https://deccasino.com/review/merit-casino/ the best table games https://septcasino.com/review/merit-casino/ in our casino. herzamanindir.com/ Visit us bsjeon.net

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item